oleh

Dishub DKI Akan Tertibkan Mobil Odong-odong

-NUSANTARA-740 views

Jakarta, Radar Pagi – Mobil odong-odong yang kerap beroperasi di jalanan Ibu Kota dinilai tidak memiliki standar keselamatan bagi para penumpang yang rata-rata ditumpangi anak-anak. Karenanya Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menertibkan mobil odong-odong.

“Begitu masuk ke jalan utama, kemudian bergabung dengan lalu lintas umum, maka yang terabaikan keselamatan kenyamanan itu bukan hanya odong-odong, seluruh pengguna lalu lintas itu terabaikan keselamatan, keamanan, kenyamanannya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kamis (24/10/2019).

Dia menjelaskan, pelarangan angkutan umum yang tidak memenuhi aspek persyaratan layak jalan sudah termaktub dalam Undang-undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Itu semuanya sudah jelas melarang operasional angkutan yang digunakan sebagai angkutan umum, tapi tidak memenuhi persyaratan layak jalan,” jelasnya.

Syafrin mengaku pihaknya telah menginstruksikan penertiban itu sejak Agustus lalu. Saat ini ia sedang melakukan pendataan terhadap warga Jakarta yang memiliki usaha odong-odong. Setelah didata, Pemprov akan melakukan pembinaan terhadap usaha odong-odong.

Jika masih ada odong-odong yang nekad beroperasi di jalan umum, Pemprov DKI akan menyetop pengoperasiannya.

Kata Syafrin, Dishub DKI sampai saat ini telah melakukan penindakan odong-odong di sejumlah wilayah seperti Jakarta Timur yakni di Pulo Gadung dan Pulo Gebang.

“Sudah ada satu-dua kendaraan yang kita tahan. Kita stop operasi. Di Jakarta Timur, iya. Di-stop operasi, ada yang di Pulo Gadung, ada juga yang di Pulo Gebang,” katanya. (zal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed