oleh

Parpol Tanpa Mahar ala Nasdem Tarik Simpati Masyarakat

-Nasional-701 views

Kab. Malang, Radar Pagi – Lima figur publik ikut penjaringan bakal calon bupati (bacabup) Kabupaten Malang, Jawa Timur, melalui Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Slogan parpol besutan Surya Paloh ini, yaitu parpol tanpa mahar, ternyata menarik minat masyarakat.

Kelima bacabup yang mendaftar lewat DPD Nasdem Kabupaten Malang itu adalah Jufri Muhammad Adi, Mochamad Geng Wahyudi, Muhammad Fajar, dr. Umar Usman, dan Ahmad Faiz Wildan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten  Malang, Sodikul Amin, menyampaikan pendapatnya terkait hal tersebut.  Para bacabup, kata Sodikul, maju melalui Nasdem bukan tanpa alasan.

“Mereka pasti meyakini Nasdem partai yang betul-betul memperjuangkan terwujudnya restorasi Indonesia. Salah satu  restorasi dimaksud adalah politik tanpa mahar,” kata Sodikul Amin kepada Radar Pagi, Rabu (24/10/2019).

Ketiadaan mahar dalam proses lahirnya rekomendasi parpol pengusung bacabup maupun bacawabup dalam kontestasi pilkada, pastilah berimbas positif pada hasil akhir.

Konkretnya berpotensi melahirkan sosok pimpinan daerah yang tidak terbebani obsesi “mengembalikan modal” berupa mahar politik.

Bila hal yang ideal dalam slogan “politik tanpa mahar” tersebut terwujud, akhirnya pemenang pilkada bisa diharapkan terbebas dari niat melakukan perbuatan melawan hukum, seperti korupsi.

“Ini sebagai wujud kepedulian Nasdem pada rakyat Kabupaten Malang. Mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak pidana korupsi oleh sosok pimpinan daerah. Dampak positif dari tidak-adanya mahar politik. Gratis semuanya,” ucap Sodikul

Di tempat terpisah, Radar Pagi menjumpai sosok tokoh ulama di wilayah Kecamatan Kepanjen, Ustad Rifai, yang menyampaikan hal senada.

“Sudah saatnya masyarakat tahu mengapa Nasdem memberikan rekom tanpa mahar. Hal itu karena mereka (Nasdem) yakin untuk mengurangi kemungkinan korupsi. Makanya  Nasdem memberikan rekomnya tanpa mahar. Bahkan materai pun di siapkan oleh pihak Nasdem,” tuturnya.

“Saya berharap masyarakat mengerti berita ini. Supaya mereka juga tahu bahwa Nasdem sudah semaksimal mungkin melakukan tanggung jawabnya,” imbuhnya.

Di lain tempat  salah seorang masyarakat di wilayah Kecamatan Ngantang, Abdul Manaf, juga menyampaikan opini senada ihwal politik tanpa mahar.

“Saya merasakan setiap kecamatan kalau ada (anggota) DPRD-nya dari Nasdem, saya yakin daerah (kecamatan) itu pasti maju,” tuturnya.

“DPRD kan wakil rakyat. Jadi kalau di dapilnya maju, otomatis DPRD pasti kerja, kerja, dan kerja. Seperti kata Presiden,” ucapnya sambil tersenyum. (Med).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed