oleh

39 Jasad Ditemukan Dalam Truk Dekat London

London, Radar Pagi – Kepolisian Inggris menemukan 39 jasad di dalam sebuah truk kontainer yang diduga berasal dari Bulgaria.  Indikasi awal menunjukkan bahwa mereka terdiri dari 38 orang dewasa dan seorang remaja. Polisi Inggris meyakini 39 jasad itu merupakan warga negara China yang akan diselundupkan ke Inggris melalui Bulgaria.

Dilaporkan, staf kedutaan China menuju ke sebuah kawasan industri di Grays, sebelah timur London untuk memverifikasi laporan dugaan 39 warganya yang ditemukan tewas itu. Pihak Kementerian Luar Negeri China belum mengklarifikasi hasil penyelidikan tersebut.

“Staf kedutaan Cina di Inggris sedang menuju ke lokasi untuk memverifikasi situasi ini,” kata kementerian luar negeri China pada akun media sosial, seperti dikutip AFP, Kamis (24/10/2019).

“Kami membaca dengan hati-hati laporan tentang kematian 39 orang di Essex, Inggris,” kata akun Twitter yang tidak terverifikasi secara teratur dikaitkan dengan duta besar China Cina, Liu Xiaoming.

“Kami berkomunikasi dengan polisi Inggris untuk mencari klarifikasi dan konfirmasi dari laporan yang relevan,” katanya.

Seorang pria berumur 25 tahun asal Irlandia Utara yang diketahui merupakan supir truk telah ditangkap atas dugaan pembunuhan terkait temuan 39 mayat ini. “Ini insiden tragis di mana banyak orang telah kehilangan nyawa mereka,” kata kepala superintendent Kepolisian Essex, Andrew Mariner dalam statemennya.

“Penyelidikan kami tengah berlangsung untuk mengetahui apa yang telah terjadi,” imbuh Mariner.

Kepolisian menyatakan bahwa mereka dihubungi oleh dinas ambulans pada Rabu (23/10) sesaat sebelum pukul 01.40 waktu setempat menyusul temuan sebuah truk kontainer berisi jasad-jasad di kawasan Waterglade Industrial Park, dekat London.

“Kami sedang dalam proses mengidentifikasi para korban. Namun saya perkirakan bahwa ini bisa menjadi proses yang panjang,” ujar Mariner.

Dikatakan Mariner, truk tersebut diyakini masuk ke Inggris pada Sabtu (19/10) lalu di Holyhead di ujung barat laut Wales — salah satu pelabuhan utama untuk kapal-kapal feri dari Irlandia

Penemuan mengejutkan itu terjadi hampir dua puluh tahun setelah sebelumnya jasad 58 warga China juga pernah ditemukan di sebuah truk Belanda di pelabuhan tenggara Inggris, Dover.

Sindikan perdagangan manusia yang menyelundupkan migran China ke Eropa dan Amerika Serikat dengan biaya hingga 50.000 euro per orang memang semakin marak terjadi belakangan ini.

Penyelundup itu memberikan identitas palsu dan transportasi untuk membawa warga China ke Amerika Serikat dan negara-negara seperti Inggris, Spanyol, Prancis, Yunani, Italia, Irlandia dan Turki. (rian)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed