oleh

Tarik Wisatawan, Pemprov Sulsel Minta Dibukakan Rute Penerbangan Jakarta – Selayar

-NUSANTARA-234 views

Makassar, Radar Pagi – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) sedang menggelar Festival Takabonerate dari 24 s/d 28 Oktober di Kota Benteng, Taman Nasional Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Untuk meningkatkan arus pariwisata ke sana meski festival nantinya usai, Pemprov Sulsel meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membuka penerbangan langsung (direct flight) rute Jakarta menuju Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Jadi nanti di sini kami tinggal pengembangan bandara, karena sudah ada bandaranya,” ujar Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (25/10/2019).

Penerbangan langsung Jakarta-Selayar dinilai dapat meningkatkan wisatawan tujuan Indonesia Timur karena biayanya lebih murah.

“Karena kalau Jakarta langsung (ke Selayar) dibanding (transit dulu) ke Raja Ampat misalnya, lebih dekat ke Takabonerate.

“Di sini (Kepulauan Takabonerate) ada 132 pulau. Nanti kalau bandaranya sudah lebar, pasti akan meningkat intensitas pengunjungnya,” katanya.

Saat ini Bandara Aroepala di Selayar yang memiliki landasan 700 meter, baru mengoperasikan penerbangan jarak dekat rute Selayar – Kota Makassar. Penerbangan langsung Jakarta-Selayar dapat diwujudkan jika landasan pacu bandara diperpanjang hingga 2.000 meter untuk pesawat berbadan lebar.

Diketahui pula, Pemprov Selsel sudah mengajukan penganggaran perpanjangan landasan bandara dari dana APBN. (yon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed