oleh

Tangani Kelahiran Bayi Cacat, Dokter di Portugal Diskors

-Anehsiana-148 views

Lisbon, Radar Pagi – Seorang dokter bernama Artur Carvalho dituduh melakukan kelalaian dalam kelahiran bayi bernama Rodrigo pada 7 Oktober 2019 silam di sebuah rumah sakit di Setubal, sekitar 25 mil selatan Lisbon, Portugal. Dewan Medis Portugal memutuskan dengan suara bulat untuk menangguhkan atau menskorsing Artur selama enam bulan.

Skorsing dijatuhkan karena kelahiran bayi yang dia tangani dalam kondisi tanpa mata, tanpa hidung dan dengan hanya sebagian dari tengkoraknya.

Mungkin anda tidak habis pikir, kenapa bayi yang terlahir cacat, malah dokter yang menangani kehamilan dan persalinannya dijatuhi skors?

Hal itu dikarenan di dunia barat, seorang dokter harus memberikan penjelasan yang benar-benar tepat mengenai kondisi fisik jabang bayi sejak dalam kandungan.

Bila ada bayi terdeteksi mengalami kecacatan yang sangat parah, maka orangtua si bayi berhak untuk menggugurkannya. Kalau sudah terlanjur lahir kan si orang tua jadi nggak tega lagi untuk ‘membunuhnya’. Sementara si bayi yang terlahir dalam kondisi cacat parah, juga akan menjalani hidup penuh penderitaan gara-gara kecacatannya yang kelewat ekstrim.

Orangtua bayi tersebut mengatakan bahwa mereka tidak tahu anak mereka akan lahir dengan kelainan seperti itu.

“Ada bukti kuat (kelalaian yang) dapat mengarah pada sanksi disipliner,” kata ketua dewan medis Alexandre Valentim Lourenco kepada penyiar RTP, seperti dilansir AFP, Jumat (25/10/2019).

Ibu bayi mengatakan kepada BBC bahwa dia menjalani tiga kali ultrasound di klinik swasta bersama Carvalho. Namun, selama proses itu sang dokter tidak mengemukakan kekhawatiran apa pun.

Ketika dia menjalani pemeriksaan keempat di klinik yang berbeda saat hamil enam bulan, dokter itu menepis kekhawatiran bahwa pemindaian tampaknya meningkatkan tentang kemungkinan kelainan.

“Dia menjelaskan bahwa kadang-kadang beberapa bagian wajah tidak terlihat…ketika wajah bayi terpaku pada perut ibu,” kata bibi bayi itu, Joana Simao, kepada penyiar TVI 24.

Orangtua bayi yang diberi nama Rodrigo itu akhirnya mengajukan laporan pengaduan ke Kantor Kejaksaan Portugal. Ini bukan aduan pertama yang dikenakan terhadap Carvalho.

Para pejabat kesehatan mengatakan kepada BBC bahwa setidaknya ada enam keluhan medis lainnya yang terjadi satu dekade yang lalu, termasuk satu kasus ketika bayi yang lahir pada 2011 yang mengalami cacat kaki, cacat wajah, dan kerusakan otak yang parah.

“Kasus ini akan memiliki dampak pada reputasi dokter dan ketika muncul untuk meyakinkan wanita hamil,” kata Lourenco. (yogie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed