oleh

AS Jatuhkan Sanksi ke Menteri Keamanan Zimbabwe

Washington, Radar Pagi – Amerika Serikat menjatuhkan sanksi kepada Menteri Keamanan Zimbabwe, Owen Ncube, terkait informasi kredibel soal keterlibatannya dalam pelanggaran berat Hak Asasi Manusia.

Dikutip dari reuters.com, Sabtu, 26 Oktober 2019, dua tahun setelah Presiden Zimbabwe Robert Mugabe terguling dalam kudeta militer dan Presiden Emmerson Mnangagwa memegang kuasa, masyarakat Zimbabwe masih terseok-seok dalam menjalani roda kehidupan dengan inflasi menyentuh tiga digit dan kurangnya pasokan bahan-bahan kebutuhan dasar seperti bensin.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, mengatakan bahwa Washington terganggu oleh penggunaan kekerasan negara yang didukung pemerintah Zimbabwe terhadap pengunjuk rasa, pemimpin oposisi dan pemimpin buruh.

September lalu para dokter turun ke jalan setelah ketua serikat mereka, Peter Magombeyi, sekaligus salah satu penyelenggara aksi yang berupaya menuntut gaji lebih tinggi bagi dokter negara, hilang.

Ncube mengatakan pada saat itu bahwa kasus Magombeyi dianggap sebagai kasus penghilangan dan bukan penculikan, seperti yang dituduhkan koleganya.

Beberapa kelompok HAM mengatakan mereka mencatat ada lebih dari 20 kasus penculikan aktivis yang dilakukan agen-agen keamanan Zimbabwe sejak Januari 2019. Pemerintah Zimbabwe menyangkal tuduhan terlihat dalam hal itu.

Sampai berita ini diturunkan, belum jelas detil sanksi yang diberikan AS kepada Owen Ncube. (yon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed