oleh

Gembong ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Diyakini Tewas

Jakarta, Radar Pagi – Gembong ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi diyakini tewas dalam operasi militer Amerika Serikat (AS). Kode soal kematian Al-Baghdadi ini terselip dalam cuitan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pejabat AS yang enggan disebutkan namanya, mengatakan bahwa AS telah melakukan operasi terhadap pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Namun, pejabat itu tidak mengungkapkan rincian operasi dan tidak mengatakan apakah itu berhasil.

Namun Presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui akun Twitter pribadinya mengatakan “Sesuatu yang sangat besar baru saja terjadi.”

Namun, Trump tak menjelaskan secara rinci peristiwa besar tersebut. Dia direncanakan menggelar konferensi pers, Minggu (27/10) waktu AS.

Kabar kematian ini al-Baghdadi ini juga dikonfirmasi oleh Pemerintahan Irak dan Iran. Kedua negara diberitahu oleh sumber-sumbernya di Suriah.

“Sumber kami dari dalam Suriah telah mengkonfirmasi kepada tim intelijen Irak yang ditugaskan untuk mengejar Baghdadi bahwa ia telah terbunuh bersama pengawal pribadinya di Idlib setelah tempat persembunyiannya ditemukan ketika ia berusaha membawa keluarganya keluar dari Idlib menuju perbatasan Turki,” kata salah satu sumber,seperti yang dikutip Reuters.

Lebih lanjut, portal berita CNN melaporkan bahwa pemimpin ISIS itu dikabarkan terbunuh setelah meledakkan rompi bunuh diri selama serangan yang dilakukan oleh militer AS di Suriah barat laut pada hari Sabtu kemarin, menurut seorang pejabat senior pertahanan AS. (yon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed