oleh

Kasian, 266 Orang Kecewa Karena Tak Terpilih Jadi Menteri

-Nasional-206 views

Jakarta, Radar Pagi – Dari 300 nama yang diajukan menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Jokowi mengaku terpaksa mencoret 266 nama karena terbentur regulasi jumlah Menteri yang hanya 34 orang.

“Oleh sebab itu saya sadar, mungkin yang senang dan gembira karena terwakili dalam kabinet itu hanya 34 orang yang dilantik. Yang kecewa berarti lebih dari 266 orang. Pasti kecewa. Artinya yang kecewa pasti lebih banyak dari yang senang,” kata Jokowi saat menghadiri kegiatan pembukaan Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila (PP), di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Jokowi, dirinya dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin harus melihat urusan yang berkaitan dengan daerah, urusan yang berkaitan dengan suku, urusan yang berkaitan dengan agama. Semuanya proporsinya harus sesuai betul. Demikian juga dengan yang berkaitan dengan partai, yang berkaitan yang profesional. “Tidak mudah menyusun kabinet yang harus beragam karena memang Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Jokowi pun meminta maaf kepada seluruh partai politik, relawan dan ormas-ormas yang telah menyukseskan pencalonan dirinya dengan Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 lalu, namun tak bisa mengakomodasi dan menempatkannya dalam jabatan di salah satu lembaga negara.

“Saya mohon maaf, tidak bisa mengakomodir semuanya. Karena sekali lagi, ruangnya hanya 34,” katanya.

Jokowi berpesan jangan sampai masalah ‘tidak terpilih’ ini membuat perpecahan, namun harus tetap satu berlandaskan Pancasila dan UUD 45.

“Saya yakin Indonesia ini memiliki budaya yang luhur, memiliki Pancasila yang mempersatukan kita. Perbedaan pendapat itu wajar. Perbedaan pilihan juga wajar. Tapi kesatuan, persatuan adalah segala-galanya buat kita,” kata dia.

Khusus kepada kader PP, Jokowi mengajak mereka bersyukur karena kader terbaiknya, Bambang Soesatyo sudah terpilih menjadi Ketua MPR RI, kemudian La Nyalla Mattalitti juga terpilih menjadi Ketua DPD RI. Ada juga kader Pemuda Pancasila yang terpilih menjadi Menteri, Zainudin Amali. (fitria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed