oleh

Sleeping Beauty di Dunia Nyata, Sharik Tovar Tidur Dua Bulan Lamanya

-Anehsiana-253 views

Acacías, Radar Pagi – Sharik Tovar (17), seorang gadis bdari Kota Acacías, Kolombia, menderita sindrom Kleine-Levin sejak berumur dua tahun. Penyakit langka  itu menjadikan dia sebagai tokoh dongeng “Sleeping Beauty” di dunia nyata karena bisa tertidur selama berbulan-bulan.

Kondisi itu sangat langka, bahkan sejauh ini hanya ada 40 kasus yang telah dilaporkan di seluruh dunia.

Selama Sharik tertidur hingga dua bulan lamanya, dia tetap butuh makan dan minum. Ibunya, Marleny Tovar, harus mencairkan makanan seperti bubur dan memberinya makan setiap beberapa jam.

Sharik tidak dipasangkan tabung kateter yang biasa digunakan untuk memberi makan pasien koma, karena dia masih bisa disuapi makanan cair. Sambil tertidur, Sharik tanpa sadar bisa mengunyah dan menelan makanannya.

Tahun ini, selama bulan Januari dan Februari, Sharik tidur selama 22 hari, dan ibunya harus menyuapinya makan setiap beberapa jam.

Tidak berhenti sampai di sana, setelah terbangun dari tidur panjangnya, Sharik akan menderita amnesia sementara atau bisa juga permanen. Artinya akan ada beberapa hal yang dia lupa untuk sementara waktu, tapi ada juga yang lupa selamanya.

“Setelah tidur 48 hari pada Juni tahun lalu, dia kehilangan ingatannya untuk sementara waktu. Dia bertanya kepada saya, ‘siapa saya,’” kata Marleny Tovar mengatakan kepada Caracol News.

Marleny harus berhenti dari pekerjaannya demi menjaga Sharik yang harus disuapi tiap beberapa jam supaya tidak mati karena dehidrasi dan kurang gizi, itulah sebabnya dia meminta bantuan otoritas Kolombia untuk biaya keperluan hidup sehari-hari. Sayangnya, permintaan Marleny tidak mendapat respon dari pemerintah.

Ketika kasus Sharik Tovar pertama kali menjadi berita utama nasional pada tahun 2017, Wali Kota Acacías, Orlando Gutierrez, berjanji memberikan rumah sehingga mereka tidak perlu membayar sewa lagi. Namun hal itu ternyata cuma omdo dan ketika janji itu ditagih pemerintah kota memberi alasan sedang sibuk memperbaiki tangki bawah tanah.

“Kami sedang memecahkan masalah terkait tangki bawah tanah yang kami butuhkan untuk menyimpan air,” kata Orlando Gutierrez.

Marleny Tovar juga mengimbau layanan kesehatan untuk mempercepat pengiriman suplemen nutrisi yang Sharik butuhkan untuk bertahan hidup selama dia tidur, serta perawatan neurologis untuk mengurangi kerusakan pada memori gadis itu.

“Itu yang paling dia butuhkan karena dia tidak makan seperti yang kita makan,” kata Marleny.

Penyebab sindrom Kleine-Levin belum diketahui, meskipun telah dinyatakan bahwa kondisi ini mungkin terkait dengan infeksi virus. Belum ada obat yang bisa menyembuhkannya. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed