oleh

Jokowi Kesal Swasta Kuasai Tol Laut, Harga Barang Jadi Tidak Turun

-Nasional-689 views

Jakarta, Radar Pagi – Jokowi mengaku kesal pengiriman barang dan rute dalam program Tol Laut ternyata dikuasai perusahaan swasta.

“Rute-rute yang ada itu, barang-barangnya dikuasai swasta tertentu. Saya belum dapat ini swastanya siapa,” kata Jokowi dalam rapat terbatas dengan topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Kemaritiman dan Investasi, di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Jokowi pantas kesal karena salah satu tujuan tol laut adalah mempermudah akses pengiriman barang sehingga harga jual barang nantinya bisa dikendalikan. Tapi dengan dikuasai swasta, maka harga jual barang tetap bisa dimainkan oleh mereka.

“Sehingga harga barang ini ditentukan oleh perusahaan ini,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah mendengar keluhan soal harga jual barang yang tak turun setelah ada program tersebut. Padahal ketika pertama kali diluncurkan, tol laut sempat menurunkan inflasi dan harga barang 20 sampai 30 persen.

“Ini tolong dikejar dan diselesaikan, saya enggak tahu apakah perlu intervensi dari menteri BUMN untuk melakukan ini. Tetapi paling tidak harus diberikan kompetisi, paling tidak ada kompetitornya,” ujarnya.

Jokowi mengingatkan tol laut bertujuan untuk menurunkan biaya pengiriman barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Dia ingin agar program tersebut menguntungkan masyarakat.

“Tapi kalau dikuasai oleh satu perusahaan ya munculnya beda lagi. Kami (malah) beri fasilitas kepada dia (swasta). Ini yang tidak kami kehendaki,” tuturnya. (vidi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed