oleh

160 ASN Pemkab Malang Ikut Bimtek Aplikasi Web Perangkat Daerah

-NUSANTARA-124 views

Kab. Malang, Radar Pagi – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Dra. Mursyidah, Apt. M.Kes, dengan didampingi Plt. Dinas Kominfo, Rabu (30/10/2019) membuka bimbingan teknis Aplikasi Web Perangkat Daerah di Hotel Ollino Garden Malang.

Dalam bimbingan teknis yang dinarasumberi CV. Reksa Jaya ini diikuti sekitar 160 orang yang terdiri dari Kepala Subag Evaluasi dan Pelaporan di Lingkup Perangkat Daerah se-Kabupaten Malang beserta operator masing-masing perangkat Daerah.

Mursyidah mengatakan bahwa kecanggihan teknologi dan kemudahan akses informasi, semakin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membantu penyelenggaraan di bidang pemerintahan. Namun di sisi lain hal tersebut juga berdampak pada semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Pemerintah Daerah.

Jadi tidak mengherankan apabila setiap instansi daerah Kabupaten/Kota dihimbau agar memiliki portal informasi elektronik, baik aplikasi web atau smartphone.

Tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mencari informasi terkait pemerintah, maupun melakukan pelaporan, memberi opini maupun kritik serta saran terhadap kinerja Pemerintah Daerah.

“Hal ini sangat membantu menjalankan nilai-nilai demokrasi dan transparansi, keaktifan masyarakat, sekaligus menjadi tolok ukur bagaimana kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Iapun berharap kepada seluruh peserta bimbingan teknis yang hadir agar dapat memanfaatkan momentum ini sehingga ada kesamaan visi tentang penggunaan Aplikasi Web Perangkat Daerah. Sehingga pada gilirannya, keberadaan Aplikasi Web ini nantinya dapat memberi manfaat sekaligus sebagai kunci sukses bagi terwujudnya pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang semakin baik.

“Jadi kegiatan yang rutin diadakan dan difasilitasi oleh Dinas Kominfo Kabupaten Malang ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman khususnya bagi operator aplikasi website di masing-masing perangkat daerah,”pungkasnya.

Di sisi lain Ferry Hari Agung selaku Plt. Diskominfo Kabupaten Malang berharap bimbingan teknis ini untuk memberikan pemahaman bagi para peserta bahwa transformasi digital sebagai jendela Kabupaten Malang.

“Ini sangat berperan penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat sehingga diharapkan mampu memahami alur dan teknis pengoprasian web yang baru dan terintegrasi dengan PPID,” pungkasnya. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed