oleh

Bantu Petani Penuhi Kebutuhan Air, Pemkab Malang Fokus Bangun Embung

-Ekonomi-184 views

Kab. Malang, Radar Pagi – Demi menunjang produksi lahan pertanian,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus melakukan pembangunan embung baru.

Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan, embung memiliki peran yang sangat vital untuk mencukupi pengairan lahan pertanian ataupun perkebunan. Karena itu, pihaknya  semaksimal mungkin melakukan pembangunan embung, khususnya di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo.

“Kami ini fokus memberikan sarana prasarana mulai kesediaan air, diharapkan ketersediaan air dapat meningkatkan hasil panen,” ujar Bupati, Rabu (30/10/2019).

Pembangunan embung ini, kata Bupati, berada di bawah komando Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang.

Politisi PKB ini juga menyampaikan melihat topografi wilayah Desa Ampelgading yang berada di ketinggian dan cukup jarang sumber air, maka keberadaan embung akan sangat membantu para petani, terutama embung yang sumber airnya berasal dari mata air.

“Apalagi embung ini dialiri dari air sumber. Kalau seperti ini efektif. Tapi kalau embung tadah hujan saat kemarau tidak akan berfungsi,” kata Bupati.

“Yang jelas ini untuk pertanian. Nanti di bawahnya bisa untuk pertanian sayur, padi, maupun perkebunan,” tambahnya.

Pembangunan embung yang dilakukan sejak tahun 2016 lalu menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen DPPT). Di Kabupaten Malang sendiri, sudah ada sekitar 40 embung yang dibangun. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed