oleh

Kebakaran Hutan Landa Australia, Ratusan Koala  Dikhawatirkan Mati Terbakar  

New South Wales, Radar Pagi – Kebakaran semak belukar yang masih melanda pesisir timur Australia akibat  sambaran petir pada Sabtu (26/10/2019) silam dikhawatirkan bakal menghancurkan habitat koala langka.

Dari ratusan koala yang hidup dalam hutan dekat Kota Port Macquarie, New South Wales, otoritas setempat meyakini hanya ada beberapa koala yang bisa selamat. Hal ini dikarenakan koala bergerak dengan sangat lambat dan dikenal sebagai hewan pemalas yang doyan tidur.

Direktur Port Macquarie Koala Hospital, Sue Ashton mengatakan kejadian ini merupakan tragedi nasional karena kebakaran terjadi di habibat koala yang memiliki beragam genetik. Ashton khawatir ratusan koala tersebut habis terbakar.

“Ketika kebakaran kecil terjadi dan jika api tetap berada di tanah, koala memanjat ke puncak pohon, meringkuk dan menggeliat. Tetapi ketika api menjadi kuat, mereka terbakar hidup-hidup,” kata Ashton.

Para ahli dan sukarelawan satwa liar juga bergabung dengan dinas pemadam kebakaran, hal ini dilakukan karena mereka harus mengklarifikasi berapa banyak koala yang mati dalam kebakaran dan memulai operasi penyelamatan untuk hewan yang masih hidup.

Sejauh ini, kebakaran telah menghanguskan lebih dari 2.000 hektar lahan. (eka)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed