oleh

Mulai Beroperasi, Tol Pandaan-Malang Seksi Singosari-Pakis Gratis Selama 1 Minggu

-Ekonomi-921 views

Kab. Malang Radar Pagi  – Jalan Tol Singosari Pakis resmi dibuka Jumat, 1 November 2019 oleh PT Jasamarga Pandaan-Malang. Selama seminggu ke depan, pengguna bisa melaluinya secara gratis selama seminggu ke depan.

“Jadi jalan tol di seksi IV yang  memiliki panjang 4,75 kilometer, secara resmi akan digratiskan mulai 1 November pukul 06.00 WIB. Tarif tol akan mulai diberlakukan pada Kamis, 7 November 2019 pukul 00.00 WIB,” tutur Agus Tri Antyo, Humas PT JPM.

Lanjut Agus, para pengguna jalan dari wilayah Pandaan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Pakis, tetap membayar tarif tol asal gerbang hingga GT Singosari. Begitu juga sebaliknya yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari.

Sosialisasi operasional tol Seksi IV ini, tambah Agus, juga telah disebarkan melalui media sosial, spanduk, dan Variable Message Sign (VMS).

“Untuk menghindari saldo kurang yang berpotensi menimbulkan antrean panjang di GT, pengguna jalan diimbau untuk selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan,” katanya.

Ia berkata besaran tarif tol itu nantinya sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1027/KPTS/M/2019.

“Jadi Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang,” jelasnya.

Pengoperasian ruas seksi 4 ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1026/KPTS/M/2019, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis).

Saat ini, pengguna jalan dari Surabaya menuju Malang Kota dapat memilih keluar melalui Gerbang Tol Pakis. Dengan demikian kepadatan yang terjadi di Jalan Raya Karanglo dan Jalan Jenderal Achmad Yani menjadi berkurang. Demikian pula untuk pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso apabila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rahman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed