oleh

Indo Barometer Nilai Koalisi dan Oposisi untuk Pemilu 2024 Bisa Belah Keutuhan Bangsa

-Nasional-583 views

Jakarta, Radar Pagi – Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai manuver para elite politik Indonesia yang terlihat membuat koalisi dan poros baru untuk Pemilu 2024 memiliki efek berbahaya di masyarakat karena berpotensi dapat membelah keutuhan bangsa.

“Saya kira elite politik Indonesia juga menyadari bahwa ternyata dinamika pemilu itu menjadi semacam dalam tanda kutip perang di dalam masyarakat yang begitu membelah,” ujar Qodari di Kedai Sirih Merah, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Koalisi dan poros baru itu terlihat dari merapatnya Gerindra ke partai pendukung pemerintah dan Nasdem yang semula pro pemerintah kini malah merapat ke partai opisisi.

Qodari menambahkan, para elite politik Indonesia harus melakukan introspeksi dengan situasi dan kondisi yang ada sekarang. Pasalnya, bisa memecah belah bangsa bila para elit politik tak bersatu usai kontestasi.

“Memang akhirnya pada masa pemerintahan sekarang ini terjadi proses re-aliansi atau terbentuknya koalisi baru yang bisa jadi ada kaitannya dengan pemilu 2024,” kata dia.

Cadar dan Celana Cingkrang

Terkait bahaya perpecahan tadi, Indo Barometer juga melihat pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi yang mengkaji pelarangan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintahan berpotensi memecah-belah umat.

Menurut Qadari jika pelarangan itu dikaitkan dengan deradikalisasi, semestinya program itu tidak sebatas urusan pakaian. Harus ada langkah lebih substansial.

Dia pun meminta seluruh pihak menyelesaikan polemik larangan cadar dan celana cingkrang tersebut dengan baik dan benar, dengan mengedepankan dialog.

“Tolong parpol bicara dengan Menteri Agama melalui komisinya masing-masing,” ucap Qodari. (vidi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed