oleh

ICW Kecewa Sofyan Basir Divonis Bebas

-Nasional-237 views

Jakarta, Radar Pagi – Indonesia Corruption Watch (ICW) merasa kecewa atas vonis bebas terhadap mantan Dirut PLN Sofyan Basir. ICW berharap KPK mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

“Kita dorong agar Jaksa KPK segera lakukan upaya hukum kasasi ke MA,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

Menurut Kurnia, nama Sofyan sering disebut dalam persidangan oleh para terdakwa sehingga sangat mengindikasikan keterlibatannya.

“Karena seperti ini kondisinya, nama Sofyan sering disebut dalam persidangan oleh terdakwa,” kata Kurnia.

Dia meyakini bukti-bukti yang dibawa KPK atas kasus tersebut sudah lengkap.

“Karena kita meyakini bahwa bukti yang dibawa KPK ke persidangan sudah solid dan beberapa terdakwa lain juga sudah divonis di persidangan, baik itu Eni Saragih atau Idrus Marham,” ujarnya.

Sementara itu, KPK menanggapi dingin vonis bebas yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Hariono, kepada Sofyan Basir, Senin (4/11/2019) kemarin.

KPK menyebut kasus bebasnya terdakwa kasus korupsi bukanlah yang pertama kali terjadi, namun ketika KPK mengajukan kasasi, putusan bebas itu dianulir.

“Kami melakukan upaya hukum kasasi pada saat itu, dan di Mahkamah Agung kemudian putusan bebas itu dianulir,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Senin (4/11/2019) memberi contoh.

Febri menegaskan Jaksa KPK akan mengajukan kasasi atas putusan bebas Sofyan Basir, namun pihaknya akan lebih dulu mempelajari salinan putusan.

Sofyan sebelumnya ikut terseret atas kasus suap PLTU Riau-1 karena namanya berulangkali disebut terdakwa lain dalam persidangan. (gunawan)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed