oleh

Irza Amira Korban Sekolah Ambruk Dimakamkan di TPU Gentong

-Hukum-774 views

Pasuruan, Radar Pagi – Jenazah Irza Amira (8), siswa SDN Gentong 1 Kota Pasuruan, Jawa Timur, yang meninggal karena tertimpa gedung sekolahnya yang ambruk, dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo.

Jasad pelajar kelas dua ini dilepas tangisan keluarga dan para pelayat yang tidak mampu menahan kesedihan melihat gadis cilik yang rajin mengaji itu dimasukkan ke liang lahat.

Bahkan sebelumnya ayah Irza, M. Zubaer, beberapa kali pingsan di jalanan saat mengiringi jenazah puterinya untuk disemayamkan di masjid. Zubaer akhirnya dilarang pihak keluarga untuk ikut ke pemakaman putrinya.

Paman Irza Amira, Hayi, mengakui bila keponakannya sangat disayang keluarga lantaran sifatnya sangat baik, pendiam, pintar dan rajin mengaji.

Dua korban meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan atap lima ruang kelas sekolah yang runtuh saat pelajaran berlangsung, Selasa (5/11/2019) sekitar jam 08.30 WIB pagi tadi. Selain Irza Amira, korban meninggal lainnya adalah seorang guru bernama Sevina Arsy Wijaya (19) yang mengajar di kelas lima.

Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Agus Sudaryanto berjanji akan mengusut tuntas kasus ambruknya atap ruang kelas SD Negeri Gentong 1, yang mengakibatkan dua korban tewas, dua korban luka berat, dan 10 korban luka ringan.

“Sementara masih meminta keterangan saksi-saksi, di antaranya penjaga sekolah, dan para guru yang selamat dari kejadian ini. Bangunan ini dikerjakan tahun 2017, setelah dua tahun digunakan bangunan ini akhirnya ambruk,” ujarnya, dikutip dari sindonews.

Kejadian ini menyiratkan betapa bobroknya sistem pembangunan gedung sekolah di negeri kita yang rawan inidikasi mark-up, menggunakan material murah demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Sudah terlalu banyak gedung sekolah yang rusak padahal baru beberapa tahun dibangun. Hal itu sangat membahayakan keselamatan guru dan murid. Sampai kapan hal ini akan berlanjut? (igo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed