oleh

Lagi Naik Motor, Pasutri di Depok Diserang Beruk

-Anehsiana-479 views

Depok, Radar Pagi – Pasangan suami istri yang sedang melintas dengan sepeda motor di Perumahan Belacassa Blok Edelwis, Jalan Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat, tiba-tiba diserang seekor beruk.

Akibat kejadian tersebut, kedua korban mengalami luka cukup parah terkena gigitan dan cakaran beruk. Sementara si beruk akhirnya ditembak dengan obat bius.

Peristiwa terjadi, Senin (4/11/2019) pagi kemarin. Pasangan suami istri itu diselamatkan oleh 10 personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Kota Depok yang segera meluncur ke lokasi kejadian begitu ditelepon oleh warga.

Beruk berhasil diamankan sekitar satu jam setelah serangan terjadi. “Beruknya ditembak obat bius,” kata Ahmad, warga sekitar.

Kedua korban serangan beruk selanjutnya dilarikan ke unit gawat darurat (UGD) karena kehilangan banyak darah, apalagi kondisi sang istri sedang hamil.

Belum diketahui darimana asal beruk itu dan mengapa bisa ada di perumahan warga. Identitas kedua korban juga belum didapat. Kawasan Depok sendiri sampai dekade 1970-an masih bersuasana rimbun karena banyak ditumbuhi pepohonan lebat, dan baru beberapa puluh tahun terakhir tumbuh menjadi kota penyangga DKI Jakarta.

Sementara Beruk (Macaca nemestrina) adalah kera berbadan sedang. Beruk jantan dapat tumbuh hingga seberat 5 – 15 kg. Mereka memiliki bulu berwarna kecokelatan dengan warna yang lebih gelap di bagian punggung, dan warna yang lebih cerah di bagian bawah tubuh.

Orang Barat menyebut beruk dengan nama Southern pig-tailed macaque, karena ekor beruk terlihat seperti ekor babi.

Beruk termasuk binatang yang banyak menghabiskan waktunya di darat, bukan di atas pohon. Tapi mereka juga sangat terampil dalam memanjat karena bagaimanapun mereka tetap saja spesies kera.

Beruk juga berbeda dengan spesies kera lainnya yang tidak terlalu suka dengan air, karena beruk justru senang bermain air. (juwita)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed