oleh

Menag: Saya Tak Pernah Larang Orang Pakai Celana Cingkrang, Larangan Itu Hanya untuk ASN

-Nasional-834 views

Jakarta, Radar Pagi – Dalam rapat anggota Komisi VIII DPR RI, Kamis (7/11/2019), Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan aturan/larangan soal cadar dan celana cingkrang hanya ditujukan untuk para aparatur sipil negara (ASN). Dia mengaku tidak pernah mengeluarkan pernyataan melarang penggunaan celana cingkrang untuk masyarakat umum.

“Tidak pernah saya melarang memakai celana itu, apa juga kewenangan saya melarang itu? Cuma boleh kita katakan bahwa itu juga bukan ukuran ketakwaan orang, silakan saja pilih masing-masing,” ujar Fachrul.

Namun dia menilai instansi pemerintah atau TNI berhak melarang penggunaan celana cingkrang. Sebab, kata dia, setiap instansi sudah punya aturan aturan sendiri soal pakaian pegawai.

“Saya kira, kalau aturan kepegawaian, sudah semestinya dipatuhi oleh seluruh aparatur, termasuk soal seragam. Nah, ini yang diwacanakan akan diterbitkan,” paparnya.

Dia pun bercerita kalau ke masjid selalu pakai celana cingkrang, terutama karena masjid yang biasa dia datangi pakai tangga sehingga kalau pakai sarung takut jatuh keserimpet. Adik-adiknya pun kerap memakai celana cingkrang saat ke masjid.

“Saya enggak pernah larang, adik-adik saya juga pada pakai celana begitu juga. Tapi tidak pada saat di tempat-tempat yang mestinya tidak memakai celana itu, jadi enggak pernah kita larang kok,” tuturnya.

Dia menjelaskan, sejak awal ia memang tidak bermaksud masuk pada wilayah keyakinan yang bersifat pribadi dan privasi, yakni berupa pengamalan ajaran agama. Menurutnya, radikalisme yang disampaikan itu dalam konteks politik, menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

“Saya sejak awal memang tidak ingin masuk pada wilayah keyakinan dan pengamalan keagamaan seseorang. Itu bagian dari hak asasi. Konteks radikalisme yang saya sampaikan, lebih pada menggugah perhatian kita semua untuk bersama menjaga keamanan dan keutuhan NKRI,” terang Fachrul Razi. (safrizal)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed