oleh

Pertamina Bakal Ganti BBM Euro 2 dengan Euro 5

-Ekonomi-153 views

Jakarta, Radar Pagi – PT Pertamina (Persero) berencana mengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) standar Euro 2 dengan standar Euro 5 pada 2026., Pergantian ini dilakukan setelah proyek enam kilang yang sedang digarap mulai beroperasi.

“Kita sedang melakukan melakukan peremajaan dan pengembangan, serta pembangunan kilang baru untuk meningkatkan ketahanan energi, proyek kilang tersebut melalui program New Grash Root Refinery (NGR) dan New Grash Root Refinery (NGR),” ujar Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Ignatius Tallulembang di Gedung Pertamina, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Melalui proyek tersebut, kapasitas produksi BBM dapat ditingkatkan dari saat ini ‎650 ribu barel per hari menjadi 1,7 juta barel per hari. Dengan teknologi baru, BBM yang dihasilkan pun akan ‎meningkat kualitasnya dari Euro 2 menjadi Euro 5.

Pengerjaan proyek tersebut, kata Ignatius, membutuhkan waktu 6 hingga 7 tahun. Sehingga diperkirakan pada 2026, Pertamina tidak lagi memproduksi BBM dengan standar Euro 2.

“Tahun 2026 itu sudah Euro 5,” tandasnya.

Berdasarkan data Pertamina, pada 2023 Kilang Balikpapan fase I dan Balongan fase I dijadwalkan mulai beroperasi. Pada saat itu, kapasitas kilang perseroan naik dari 1 juta barel per hari (bph) menjadi 1,1 juta bph.

Sedangkan Kilang Cilacap ditargetkan mulai beroperasi pada 2025. Yang terakhir, proyek Pertamina RDMP Balikpapan fase 2, RDMP Balongan fase 2, dan kilang petrokimia Balongan ditargetkan selesai 2026. (viktor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed