oleh

Petani Bojonegoro Bakal Dikucuri Bantuan Tunai Rp40 Miliar

-Ekonomi-153 views

Bojonegoro, Radar Pagi – Kelompok Petani Mandiri (KPM) Bojonegoro bakal menghadapi masa tanam tahun ini tanpa rasa was-was.

Pasalnya, pemerintah daerah setempat menyiapkan anggaran sekitar Rp40 miliar yang siap dikucurkan ke para petani.

Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Helmi Elisabeth mengemukakan hal itu saat rapat bersama dengan Komisi C DPRD Bojonegoro, Jawa Timur.

Helmi Elisabeth mengatakan, Kartu Kelompok Petani Mandiri baru proses cetak kartu, dan minggu-minggu ini sudah siap dibagikan.

“Tahun 2019 dianggarkan Rp40 miliar untuk kebutuhan 270 Kelompok tani, sedangkan sisa kelompok tani yang belum tercakup akan dianggarkan pada tahun-tahun berikutnya,” jelasnya.

Sedangkan kartu yang siap dibagikan ada 8.953 lembar. Dalam proses pembuatan surat keputusan sebanyak 11.766 lembar.

Program KPM dalam bentuk bantuan hibah kepada kelompok tani se-Bojonegoro. Sebagai realisasi janji politik Bupati dan Wakil Bupati Anna-Wawan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Bantuan juga berupa pupuk dan benih yang dibagikan kepada ke petani yang punya sawah luasnya di bawah dua hektar.

Hibah yang  berupa uang, lanjut Elisabeth, berbentuk uang masuk ke rekening kelompok tani. Petani yang akan membelanjakan sendiri kebutuhannya.

“Kelompok tani silakan menyusun RAB nya, kebutuhan Bibitnya berapa dan pupuknya berapa? Semua harus terinci,” terang Elisabeth.

Dia berharap bantuan dana hibah tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kelompok Tani kedepan agar berhati-hati dalam mengelola keuangan, serta memerhatikan regulasi dan akan dipandu oleh Petugas Lapangan.

“Perhatikan regulasinya, yang nanti dipandu oleh petugas lapangan (PL), berapa kebutuhan besarannya untuk pupuk,” pungkasnya. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed