oleh

Pilot China Dilarang Terbang Sampai Ajal Menjemput karena Perbolehkan Mahasiswi Selfie di Kokpit

-Anehsiana-165 views

Beijing, Radar Pagi – Negeri Tirai Bambu terkenal sangat keras menerapkan hukum. Saking kerasnya terkadang terkesan sadis. Dikutip dari the South China Morning Post, Kamis (7/11/2019), Seorang pilot China dihukum dilarang terbang seumur hidup lantaran mengizinkan seorang perempuan masuk ke ruang kokpit dan berselfie di dalamnya.

Peristiwa itu terjadi pada penerbangan Air Guilin sekitar bulan Januari dalam penerbangan antara Guilin, di wilayah barat daya Guangxi, dan Yangzhou, sebuah kota di provinsi timur Jiangsu.

Tetapi foto yang diambil oleh wanita itu –yang kemudian diidentifikasi sebagai Chen Yuying, seorang siswa yang berencana menjadi pramugari setelah lulus– baru viral pada Minggu 3 November 2019 kemarin. Alhasil, sang pilot pun langsung dipecat dan dihukum larangan terbang sampai ajal menjemput gara-gara foto itu.

Chen, seorang mahasiswa tahun ketiga di Universitas Pariwisata Guilin, terlihat berpose di depan seperangkat alat teh di kursi pilot, dan menambahkan keterangan yang berbunyi: “Saya sangat berterima kasih kepada pilot! Saya sangat senang!”

Mungkin tidak masalah kalau gambar itu diambil ketika pesawat masih berada di landasan, tetapi ketika diambil di tengah penerbangan dapat mengganggu konsentrasi pilot hingga membahayakan pesawat dan penumpangnya.

Air Guilin mengeluarkan pernyataan pada Senin 4 November 2019 yang mengonfirmasi bahwa pilot yang tidak disebutkan namanya telah melanggar peraturan keselamatan udara.

“Air Guilin selalu mementingkan keselamatan penumpang, dan kami memiliki ‘toleransi nol’ untuk setiap tindakan yang tidak pantas dan tidak profesional yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan,” kata pernyataan itu.

Sementara nasib Co Pilot masih belum jelas, hanya saja telah ditangguhkan untuk terbang tanpa batas waktu menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Di negara lain juga pernah ada insiden semacam ini, namun pilot bersangkutan hanya dipecat, tidak sampai dihukum larangan terbang sampai nafas penghabisan. (yogie)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed