oleh

Polemik Piutang Pajak Rp 24,4 Miliar Masih Jadi Misteri di Kota Batu

-Hukum-721 views

Batu, Radar Pagi – Forum Warga Batu (FWB) menagih janji Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Batu, Sri Heny Alamsari, terkait pembuatan legal opinion (LO) tentang piutang pajak Pemerintah Kota Batu senilai Rp Rp 24.432.087.025 miliar.

Karena itu, FWB telah berkirim surat kepada Sri pada Rabu (6/11/2019) kemarin. “Kami menagih janji melalui surat yang kami layangkan. Kajari Batu harus komitmen menepati janjinya,” terang Kayat Hariyanto, kemarin.

Namun FWB mendapatkan fakta yang mengejutkan ketika menghadiri pertemuan dengan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejari Batu I Nyoman Sugiartha pada Jumat (8/11/19) siang.

Menurut I Nyoman Sugiarta, mengenai piutang pajak Pemkot Batu sudah dibuat LO-nya oleh Tim Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Batu.

Soal perjalanan LO tersebut, lanjut dia, sudah rampung pada 5 Desember 2018 silam  dan langsung diserahkan ke Pemkot Batu melalui Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Pada 5 Desember 2018 lalu, LO sudah selesai dibuat dan diserahkan langsung ke BKD Pemkot Batu,” terang dia, dengan menunjukkan tanda terima, sebagai bukti penyerahan LO itu ke Pemkot Batu.

Di dalam LO yang sudah diserahkan ke BKD itu terdapat enam poin soal pendapat hukum. Dari jumlah tersebut poin yang mendasar adalah memberi rekomendasi kepada Pemkot Batu agar meminta pendapat kepada dua ahli.

“Ada poin penting dalam LO itu soal piutang pajak, yang mana memberi rekom kepada Pemkot Batu minta pendapat dua ahli yaitu ahli tata usaha negara dan ahli pajak,” katanya.

Menurut dia, LO tersebut sebenarnya juga diminta oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Januari 2019 yang lalu, dan itu sudah diserahkan.

“Semua dikembalikan lagi ke pihak Pemkot Batu, mau mengarah penggelapan pajak dan sebagainya, yang punya kewenangan kembali lagi ke Pengadilan Pajak,” jelas Nyoman.

Diterbitkannya LO tanpa sepengetahuan masyarakat itu sangat mengejutkan FWB dan menimbulkan pertanyaan baru.

“Kenapa pihak Pemkot Batu tidak pernah mempublish pada publik,” kata Kayat Hariyanto di gedung Kejaksaan Negeri Batu, Jumat (8/11/2019).

“Pastinya ini akan menambah pertanyaan, ada apa di balik semua ini?” tanya dia.

Kayat berjanji akan mencari kejelasan soal pajak yang nilainya sangat besar itu sampai ke akarnya.

“Kami akan mencari kejelasan soal pajak yang misterius itu, supaya lebih gamblang karena besarannya sungguh fantastis,” tegas dia.

Legal Opinion (LO) atau pendapat hukum adalah salah satu peran pekerja hukum dengan memberikan konsultasi hukum, yaitu memberikan pendapat hukumnya, baik digunakan untuk menghindari timbulnya sengketa maupun untuk penyelesaian sengketa, baik secara lisan maupun tertulis untuk orang yang membutuhkan (klien). (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed