oleh

Disindir Jokowi Soal Rangkulan, Surya Paloh: Bangsa Model Apa Ini?

-Nasional-213 views

Jakarta, Radar Pagi – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh Paloh merasa diskursus politik Indonesia saat ini berada di tingkat mengenaskan. Hal itu kata dia bisa terlihat pasca-pertemuan dirinya dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman yang ditafsirkan bermacam-macam.

“Hubungan rangkulan dan tali silahturahmi politik dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan,” ujar Paloh saat memberikan sambutan di Kongres II Partai Nasdem, Jumat (8/11/2019).

Dia mengingatkan bangsa Indonesia sudah lelah dengan intrik yang mengundang sinisme satu sama lain.

“Bangsa ini sudah capek dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain, kecurigaan satu sama lain, hingga kita berkunjung ke kawan, ini bangsa model apa seperti ini,” katanya.

Indonesia, kata Paloh, saat ini menganut sistem politik dengan nilai-nilai demokrasi yang begitu liberal dan dibalut dengan kepercayaan yang konservatif, sehingga kehidupan politik di tanah air mengalami kemunduran.

“Kita bilang kita mau maju tapi kita melangkah ke belakang. Mari kita bermusyawarah dan bergotong-royong tapi kita hanya bilang akulah yang lebih penting yang lainnya biar mati semua,” ujarnya.

Sebelumnya Jokowi menyindir Surya Paloh terkait pertemuannya dengan Presiden PKS, Sohibul Iman, pekan lalu.

Dalam sambutannya di acara peringatan ulang tahun ke-55 Partai Golkar, Jokowi menyapa para tamu-tamu yang hadir. Saat menyapa para ketua umum partai, Jokowi melontarkan godaannya untuk Surya.

“Para Ketua Umum partai yang hadir. Bapak Surya Paloh yang kalau kita lihat malam hari ini lebih cerah dari biasanya. Sehabis pertemuan beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS,” kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu, 6 November 2019 silam.

Menurut Jokowi, wajah Surya yang terlihat lebih cerah karena habis berangkulan dengan Sohibul. Jokowi menilai rangkulan itu tidak seperti biasa.

“Saya tidak tahu maknanya tapi rangkulannya tidak biasa. Tidak pernah saya dirangkul seperti itu,” katanya. (arman)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed