oleh

Pasangan Beda Kasta di India Dirajam Sampai Mati

-Anehsiana-658 views

New Dehli, Radar Pagi – Sepasang suami istri dirajam batu sampai mati oleh keluarga karena menikah dengan berbeda kasta. Insiden ini terjadi di New Delhi, India, Kamis (7/11/2019) kemarin.

Kedua korban diketahui berusia 29 tahun dan berasal dari desa di Karnataka Selatan. Hubungan mereka tidak direstui keluarga karena perbedaan kasta, sehingga keduanya memutuskan kawin lari ke Bengaluru .

Tiga tahun berlalu dan mereka telah dikaruniai dua anak. Mungkin berpikir bahwa keluarga akan memberi maaf, keduanya pun pulang  kampung hari Rabu kemarin untuk menjenguk keluarga.

Keluarga pertama yang mereka kunjungi adalah keluarga laki-laki yang kastanya lebih rendah. Tapi keluarga perempuan yang kastanya lebih tinggi marah mendengar kepulangan mereka.

Keesokan harinya pada hari Kamis, pihak keluarga perempuan melempari pasangan itu dengan batu. Bahkan warga diprovokasi untuk ikut memberi hukuman rajam kepada pasangan tersebut. Alhasil, tidak ada yang berani membela pasangan malang itu karena banyaknya pelaku pelemparan.

Polisi setempat mengatakan kerabat yang mengatur eksekusi rajam itu telah melarikan diri. “Mereka (korban) terlihat oleh penduduk desa pada hari Rabu, yang memberi tahu saudara perempuan wanita itu, setelah itu dia mengumpulkan massa yang menyerang pasangan itu dan membunuh mereka dengan batu,” kata perwira polisi setempat, Guru Shanth, kepada AFP yang dilansir Jumat (8/11/2019).

“Tiga dari tersangka utama telah diidentifikasi, termasuk saudara lelaki dan paman perempuan itu,” lanjut dia.

Kasus ‘pembunuhan demi kehormatan’ ini sering kali terjadi di India. Dilakukan untuk menjaga reputasi keluarga dalam sistem kasta yang ketat.

Statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan 1.000 dari 5.000 pembunuhan semacam itu secara global terjadi setiap tahun di India.

Namun meski aturan kasta tetap berlaku, tetapi pada 2011, Mahkamah Agung India memutuskan bahwa pelaku yang terlibat dalam aksi ‘pembunuhan demi kehormatan’ akan menghadapi hukuman mati.

Para pelaku rajam ini pun dipastikan akan menerima hukuman sangat berat. (yogie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed