oleh

Mahasiswa di Gowa Pasang Kamera di Toilet Wanita

-Hukum-1.051 views

Makassar, Radar Pagi – Seorang mahasiswa berinisial A yang merupakan terduga pelaku pemasangan kamera GoPro yang dilengkapi memori 8 GB di toilet mahasiswi di lantai 1 Fakultas Hukum dan Syariah (FSH) UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, diamankan polisi. Dia ditangkap, setelah aksisnya memasang kamera GoPro untuk mengintip toilet mahasiswi ketahuan.

Kasubbang Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan mengatakan saat ini terduga pelaku telah diamankan personel Polsek Somba Opu, Gowa.

Kasubbag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan mengatakan awalnya ada mahasiswi yang hendak buang air penasaran melihat cahaya merah tertutupi kaca dan sampah di pipa pembuangan air dalam toilet.

“Karena penasaran sehingga mahasiswi itu menghampirinya dan melihat benda berupa kamera,” kata Tambunan mengutip aduan dari perwakilan kampus.

Dikabarkan, sang mahasiswi langsung berteriak histeris hingga rekan-rekan mahasiswi itu mendatangi toilet. Mahasiswi yang masih dalam keadaan shock itu tidak bisa bicara banyak saat go pro tersebut diambil oleh salah satu rekannya untuk dibawa ke Wakil Dekan (Wadek) I.

Polisi masih mengumpulkan alat bukti untuk menjerat tersangka dari kasus tersebut. Sudah ada tiga saksi yang diperiksa di Mapolsek Somba Opu, Gowa.

“Apabila penyidik telah mengantongi dua alat bukti permukaan yang cukup sehingga terpenuhi perbuatan pidana yang dimaksud maka tentunya yang diamankan tersebut akan diproses hukum lebih lanjut,” kata Mangatas.

Dia belum bisa memberi keterangan secara rinci terkait identitas terduga pelaku, karena masih didalami oleh penyidik Polsek Somba Opu, Gowa.

“Jadi anggota di Polsek menerima laporan dari pihak kampus. Kami saat ini upayakan karena anggota masih mendalami kasus tersebut,” ungkapnya.

Pihak kampus, kata Mangatas Tambunan, baru melaporkan kasus ini ke Polsek Somba Opu Gowa, pada Jumat 8 November kemarin. Sementara kasus ini terbongkar pada awal Oktober 2019 lalu.

Sementara Kapolsek Somba Opu, Gowa, Sulsel, Kompol Syafei Rivai mengatakan, polisi masih meminta keterangan ahli mengenai unsur tindak pidana. Ahli juga akan mengecek hasil perekaman dari kamera GoPro dan handphone yang dipasang mahasiswa berinisial A.

“(A) belum kita pastikan (statusnya) apakah terpenuhi unsur pidana, makanya sore ini kita panggil ahli,” sambung Syafei.

Namun pelaku mengakui bila kamera itu dipasang oleh dirinya. “Pelaku kita tanya ‘apa benar kamu yang menaruh’ (dijawab pelaku) ‘iya’,” kata Syafe’i.

Posisi kamera GoPro tepat menghadap ke tempat buang air yang secara langsung bisa merekam alat kelamin para pengguna toilet yang berada di depan ruang akademik ini. Toilet tersebut memang paling sering digunakan mahasiswa maupun staf fakultas karena kondisinya paling bersih.

Ini kedua kalinya ditemukan ada pemasangan kamera dalam toilet kampus di Gowa. Pertama terjadi pada Mei 2019. Pelaku saat itu juga memasang kamera GoPro yang dilengkapi memori 8 GB. (yon)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed