oleh

Bupati Intan Jaya Papua Hadiri Rakornas Pemerintah Pusat dan Forkopimda 2019

-Nasional-166 views

Kab. Bogor, Radar Pagi – Bupati Intan Jaya, Papua, Natalis Tabuni SS, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2019 di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 13 November 2019.

Bupati Natalis terlihat hadir bersama unsur pimpinan daerah lainnya di Provinsi Papua, seperti Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpau, Gubernur Papua Lukas Enembe, Komandan Kodim (Dandim) 1705/Paniai Letkol Infanteri Jimmy T. P Sitinjak, Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM, dan lain-lain.

Gubernur Papua Lukas Enembe (paling kiri)

Rakornas bertema “Sinergi untuk Indonesia Maju” ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Juga terlihat dihadiri Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, berserta seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga negara lainnya.

Dalam pemaparannya, Jokowi meminta Pemerintah Daerah dan jajaran dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya menjalin komunikasi yang harmoni.

Komandan Kodim (Dandim) 1705/Paniai Letkol Infanteri Jimmy T. P Sitinjak (paling kanan)

Hal ini diyakini sebagai salah satu upaya untuk menyinergikan dan mendukung program pembangunan.

“Komunikasi Gubernur dengan Kapolda, Pangdam, Kajati, Kepala Pengadilan Tinggi penting sekali untuk dibangun, ada masalah dibicarakan, hubungan harmonis seperti itu akan memengaruhi tensi di daerah, kalau ada masalah dan ada yang tidak rukun, satu saja akan menjadi masalah besar dalam menangani problem (masalah) di daerah. Bupati/Walikota juga harus menjalin hubungan yang baik dengan Forkopimda,” kata Jokowi.

Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM (paling kiri)

Dia juga melontarkan kritikan kepada aparat penegak hukum yang disebutnya salah gigit.

“Saya ingatkan (kepada para penegak hukum), jangan menggigit orang yang benar,” kata Jokowi.

Menurut dia, kalau yang salah silakan digigit. “Tapi, yang benar jangan sampai digigit dan jangan pura-pura salah gigit,” ujar Jokowi.

Unsur Forkopimda Papua sedang rehat makan siang

Dia juga mengingatkan aparat penegak hukum jangan pernah menggigit pejabat atau pelaku-pelaku bisnis yang sedang berinovasi untuk kemajuan negara ini.

“Tugas saudara-saudara (penegak hukum) adalah menggigit siapapun yang memiliki niat buruk untuk mengganggu agenda-agenda besar strategis bangsa kita,” ucapnya.

Suasana Rakornas Pemerintah Pusat dan Forkopimda tahun 2019

Sementara Mendagri Tito Karnavian, mengatakan forum ini merupakan bentuk penyampaian langsung dari visi dan misi presiden kepada daerah.

“Pemahaman di tingkat daerah, adalah kunci berjalannya program yang direncanakan oleh pemerintah pusat”, ujar Tito.

Dia menambahkan, ada sekitar 2.693 yang hadir, mulai kepala daerah, DPRD, Kejaksaan, Polri dan juga TNI untuk mendengarkan langsung visi misi yang disampaikan Bapak Presiden untuk lima tahun ke depan. (Om Yan)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed