oleh

Pembuatan Kapal Cepat Milik Pemkab SBB Ditangguhkan, Siapa yang Harus Disalahkan?

-NUSANTARA-180 views

SBB, Radar Pagi – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menbutuhkan armada kapal cepat guna memperlancar pengawasan di perairan. Untuk itu, pada tahun anggaran 2019, Pemkab SBB melalui Dinas Perhubungan menggelontorkan dana Rp7,5 miliar untuk pembuatan kapal cepat.

Namun proses pekerjaan kapal cepat ini ditangguhkan sampai tahun anggaran 2020, walaupun proses perencanaan dan pelelangan sudah selesai, bahkan sudah ada pemenang tendernya.

Menyikapi persoalan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten SBB Hi. Mansur Tuharea, SH kepada wartawan memaparkan kronologi penangguhan pembuatan kapal cepat milik Pemkab SBB itu.

“Tata cara penyusunan APBD itu ada mekanismenya, walaupun sempat ada polemik di DPRD SBB terkait inteval waktu pelaksanaan yang sudah masuk akhir tahun, namun setelah ada evaluasi ke provinsi maka semua polemik itu dapat diselesaikan ” kata Sekda di ruang kerjanya, Rabu, (13/11/2019).

Menurutnya, pembuatan sebuah kapal itu tidak bisa disamakan dengan membangun gedung sekolah karena   dibutuhkan standarisasi dan rekomendasi dari beberapa pihak, yakni Kementrian Perhubungan dan pihak syahbandar.

Terkait dengan proses di Kementrian Perhubungan meski sudah diurus sejak  Maret 2019, namun rekomendasinya baru dikeluarkan pada Agustus 2019.

Dengan demikian, kata Sekda, setelah rekomendasi itu diterima, Pemkab melalui dinas perhubungan SBB mengajukannya kepada DPRD dalam APBD perubahan tahun 2019, namun mengingat ketentuan waktu  yang tinggal kurang lebih dua bulan, maka proses pekerjaannya dipending sampai tahun 2020.

“Kalau ditanya kemana uangnya, uangnya tetap ada di kas daerah, namun setelah melalui berbagai pertimbangan dan kajian, maka uangnya dianggarkan ke kegiatan lain, sebab sistem keuangan daerah harus berimbang,” jelasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Plt. Kepala Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Barang dan Jasa Kabupaten SBB La Bastian kepada Radar Pagi membenarkan penangguhan pekerjaan kapal cepat oleh PT. Krios selaku pemenang tender.

“Iya, benar. Proses tender sudah selesai, namun pekerjaan kapal cepat milik Pemkab SBB yang akan dikerjakan oleh pemenang tender yakni PT. Krios ditangguhkan sampai 2020. Sebab ketentuanya semua pekerjaan fisik tidak dapat dikerjakan di akhir tahun,” kata Bastian. (jabar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed