oleh

Disangka Telah Punah, Kancil Tiba-tiba Terlihat Lagi di Vietnam

Vietnam, Radar Pagi – Selama 30 tahun kancil tak terlihat di Vietnam, hingga hewan yang dituduh suka mencuri ketimun ini disangka telah punah.

Namun baru-baru ini kancil muncul lagi di alam liar dekat Nha Trang, hingga mengejutkan masyarakat, khususnya kalangan ilmuwan.

Selama bertahun-tahun terakhir, ilmuwan mengira hewan yang masuk dalam daftar 25 spesies hilang paling dicari oleh Global Wildlife Conservation (GWC) ini punah karena menjadi korban perburuan liar dan kehilangan habitat aslinya karena semakin berkurangnya hutan di Vietnam.

Dikutip dari CNN, kancil yang dalam bahasa Inggrisnya disebut mouse deer atau rusa tikus karena bentuknya mirip rusa tapi berukuran kecil, terakhir kali terlihat puluhan tahun silam ketika tim peneliti Rusia dan Vietnam menemukan bangkainya.

“Begitu lama spesies ini terasa hanya eksis dalam imajinasi kita. Menemukan bahwa benar mereka masih di luar sana adalah langkah pertama memastikan kita takkan kehilangan lagi dan kami bergerak cepat untuk mencari cara terbaik melindunginya,” kata An Nguyen dari Global Wildlife Conservation, kemarin.

Awalnya, ilmuwan mewawancarai penjaga hutan dan warga desa dekat Nha Trang. Mereka lantas memasang kamera di area di mana warga lokal mengatakan mereka melihat kancil.

Hasilnya, terjepret ratusan foto hewan tersebut. Tim menambah lagi 29 kamera di area itu dan selama 5 bulan merekamnya dengan detail.

“Mungkin saja ini adalah populasi terakhir mereka sehingga kita perlu beraksi segera untuk memastikan mereka survive,” tandas Andrew Tilker, Asian Species Officer di GWC.

Bukan hanya di Vietnam, di Indonesia pun hewan ini sudah langka. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed