oleh

Djaduk Ferianto Wafat, Rekan-rekan Artis Kehilangan

-Selebs-190 views

Jakarta, Radar Pagi – Seniman asal Yogyakarta, Djaduk Ferianto (55), meninggal dunia. Pendiri Orkes Keroncong Sinten Remen & Kua Etnika tersebut mengembuskan napas terakhirnya Rabu, 13 November 2019 pukul 03.00 WIB kemarin.

Menurut sang istri, adik kandung Butet Kertaredjasa ini meninggal karena serangan jantung.

Kematian Djaduk meninggalkan duka, bukan hanya bagi keluarga, tetapi juga rekan-rekan artis. Selama ini, Djaduk memang banyak terlibat dalam penggarapan film dan musik.

Glenn Fredly salah satunya, suami dari Mutia Ayu ini mengaku sangat kehilangan dengan meninggalnya Djaduk.

Menurut Glenn, Djaduk adalah sosok yang sangat berperan besar dalam dunia musik di Indonesia terutama musik tradisional.

“Iya kita kehilangan orang yang punya perhatian besar buat seni musik kontemporer tradisi. Jadi beliau salah satu peserta yang hadir di konferensi musik di Ambon. Beliau orang yang mau kasih support besar untuk konferensi musik di Ambon,” kata Gleen Fredly saat ditemui di M Bloc, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019) kemarin.

Menurutnya, Maestro Indonesia ini adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam perjalanan seni musik.

“Saya sih kalau dibilang sedih udah pasti. Cuma kayak nggak percaya karena beliau itu sumbangsihnya terhadap bagaimana keyakinan dia menjadikan musik sebagai kekuatan itu terbukti. Bagaimana dia hit ngayogjazznya pemberdayaan itu nyata,” paparnya.

“Dan orang kayak gini yang bisa kita gali pemikirannya disaat musik lagi berkembang ke arah yang punya peluang besar,” sambungnya.

Sementara Sherina Munaf yang pernah kerja bareng Djaduk. Ia pun mengenang masa bersama Djaduk ketika ia masih kecil dulu. Kala itu, mereka mengerjakan proyek film PETUALANGAN SHERINA bareng.

Ternyata Sherina masih menyimpan foto-foto dari film yang ia bintangi bareng Derby Romero tersebut. Sherina pun menyampaikan selamat tinggal ke Djaduk lewat foto lawas tersebut.

Di film PETUALANGAN SHERINA, Djaduk memerankan karakter penjahat bernama Kertarajasa. Dengan dasar sebagai aktor dan musisi, Djaduk membawakan perannya secara maksimal.

Djaduk pun bernyanyi di film ini, ia membawakan lagu berjudul Kertarajasa dengan suaranya yang khas. ‘Namaku Kertarajasa. Aku bagai seorang raja. Apa yang aku inginkan, pasti dapat terlaksana’, demikian penggalan lagu yang jadi salah satu OST Petualangan Sherina tersebut.

Selain berakting, Djaduk juga menjadi penata musik di film yang disutradarai oleh Riri Riza tersebut. Hasilnya, sebuah film musikal yang sangat apik.

Ketika mengunggah fotonya bareng Djaduk, Sherina menyampaikan salam terakhir. ‘Selamat jalan Om Djaduk,” tulisnya singkat di akun pribadinya, @sherinasinna.

Sementara lewat sosial media miliknya, Soimah ikut mengucapkan salam perpisahan.

“Sugeng Tindak (selamat jalan) pak Djaduk #RIP,” tulis Soimah dalam unggahannya, Rabu (13/11).

Soimah dan Djaduk Ferianto sama-sama dijadwalkan akan manggung di event yang sama tanggal 16 November mendatang di Yogyakarta. Dan tentu saja kabar ini cukup mengejutkan bagi banyak orang termasuk Soimah.

Dalam beberapa foto yang diunggahnya, Soimah terlihat sangat akrab dengan seniman kelahiran Yogyakarta itu. Keduanya juga tampak seru saling bertukar cerita. Nggak heran kalau akhirnya Soimah ikut merasa kehilangan sosok Djaduk sebagai seorang senior.

Bukan cuma Soimah, Irfan Hakim juga turut meninggalkan komentar ucapan belasungkawanya di postingan Soimah. “Turut berduka cita,” katanya. (dari berbagai sumber)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed