oleh

Ternyata Ini Alasan PKS Pilih Jadi Oposisi

-Nasional-748 views

Jakarta, Radar Pagi – Presiden PKS Sohibul Iman mengaku mendapat banyak pertanyaan kenapa PKS selalu jadi partai oposisi.

“Banyak yang bertanya kepada kita, apa yang menyebabkan PKS kok mau jadi partai oposisi,” kata Sohibul Iman dalam Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Dia pun mengungkapkan tiga alasan PKS tetap menjadi oposisi.

“Pertama ini yang sangat gampang saja, yaitu kita ingin menjaga kepantasan demokrasi. Rasanya aneh bila di negara yang sudah menetapkan bahwa sistem politiknya adalah demokrasi kemudian semua menjadi bagian dari pemerintahan tidak ada yang melakukan check and balances,” katanya.

Kedua, kata Sohibul, adalah untuk mengedukasi masyarakat bahwa setiap kontestasi politik harus ada yang menang dan kalah.

“Alasan yang kedua, kita ingin sama-sama memberikan pelajaran politik, demokrasi kepada bangsa ini. Bahwa demokrasi itu meniscayakan adanya kompetisi, pergiliran kekuasaan di sistem demokrasi adalah melalui kontestasi. Dan namanya kontestasi sudah pasti ada yang menang dan kalah,” katanya.

Mendengarkan suara rakyat menjadi alasan ketiga bagi PKS untuk memilih sebagai oposisi atau istilah populernya saat ini adalah partai penyeimbang.

Menurutnya masyarakat ingin ada pihak yang menjadi penyeimbang kebijakan pemerintahan Jokowi.

“Dalam berbagai survey, lebih dari 72 persen masyarakat ingin agar pemerintahan ini ada yang mengawasi ada checks and balances. Makanya ada yang di luar pemerintahan. PKS mendengar aspirasi masyarakat ini dan PKS insyaallah akan memenuhi aspirasi masyarakat ini dengan PKS di luar pemerintahan,” ujar Sohibul. (gunawan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed