oleh

Lewat Margonda dan Kalimalang Harus Bayar, Ini yang Dimaksud Jalan Berbayar

-NUSANTARA-362 views

Jakarta, Radar Pagi – Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar menuju Ibu Kota Jakarta akan dioperasikan di daerah perbatasan kawasan Jabodetabek pada 2020.

Untuk sementara, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memastikan lokasinya adalah Jalan Margonda di Depok, Jawa Barat dan Jalan Kalimalang yang merupakan perbatasan Bekasi dengan Jakarta Timur.

Tapi belum semua pengendara paham apa itu ERP dan bagaimana cara kerjanya. Dikutip dari Wikipedia, sistem Jalan Berbayar merupakan sistem skema pengumpulan tol elektronik yang diadopsi dari Singapura untuk mengatur lalu lintas dan sebagai mekanisme perpajakan penggunaan berbasis untuk melengkapi Sertifikat berbasis pembelian Hak sistem.

Sistem ini dilaksanakan oleh Land Transport Authority pada bulan September 1998 untuk menggantikan Skema Perizinan Singapura di area setelah berhasil stres pengujian sistem dengan kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi.

Singapura adalah kota pertama di dunia yang menerapkan sistem pengumpulan tol jalan berbayar untuk tujuan biaya kemacetan. Sistem ini menggunakan berdentang jalan terbuka; kendaraan tidak menghentikan atau memperlambat untuk membayar tol.

Pada titik-titik masuk kawasan penerapan jalan berbayar dipasang kamera-kamera elektronik yang dapat merekam nomor polisi setiap kendaraan yang masuk ke lokasi jalan berbayar.

Rekaman ini kemudian dimasukkan ke dalam basis data kendaraan untuk kemudian dilakukan penagihan sesuai tarif yang berlaku.

Setiap kendaraan dilengkapi dengan alat pemindai elektronik yang diletakkan di dalam kendaraan. Alat pemindai ini dapat berkomunikasi secara elektronik dengan alat-alat pemindai di titik-titik masuk jalan berbayar.

Alat pemindai elektronik ini dapat memuat data kendaraan dan dapat berlaku sebagai mesin pembayaran tunai yang akan langsung dipotong sejumlah besarnya tarif jalan berbayar. (viktor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed