oleh

Kopilot Wings Air Bunuh Diri, Diduga Depresi Dipecat dan Didenda Rp7 Miliar Gara-gara Kelamaan Cuti Nikah

-Hukum-171 views

Jakarta, Radar Pagi – Seorang Kopilot Wings Air bernama Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro (29) ditemukan tewas gantung diri di rumah kos di Kalideres, Jakarta Barat.

Sebelum ditemukan tergantung, diketahui korban menerima surat pemecatan dan denda penalti senilai Rp 7 miliar dari perusahaan. Surat pemecatan itu ditemukan di dekat jasad korban.

Informasi itu beredar hingga viral di media sosial melalui sebuah foto tangkapan layar yang memuat pesan instan seorang pengguna akun Instagram.

“Gue sampai sekarang masih enggak percaya. Kamar kosnya jam 19.00 didobrak dan doi sudah tergantung tak bernyawa. Di deket doi ada surat pemecatan dan penalti 7 m (miliar),” tulis pemilik akun dalam pesan itu. Pengguna akun Instagram ini diduga merupakan kawan korban.

Menanggapi kabar tersebut, manajemen induk Wings Air, Lion Air Group melalui Juru bicara perusahaan, Danang Mandala, menjelaskan Nicolaus Anjar memang terdaftar sebagai kopilot. Dia tidak menjelaskan detil pemecatan, namun katanya Wings Air telah melakukan pembinaan secara bertahap kepada awak kokpit yang melakukan tindakan tidak disiplin.

Danang mengatakan, penerapan aturan kerja, kedisiplinan dan pelaksanaan standar operasional prosedur berlaku kepada semua awak pesawat dalam hal ini awak kokpit. Hal ini sudah sesuai ketentuan dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Adapun atas meninggalnya kopilot Nicolaus, Danang menyatakan kru pesawat dan seluruh karyawan Wings Air mengucapkan duka yang mendalam. “Kami turut prihatin atas kejadian tersebut,” tutur Danang, Rabu (20/11/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tindakan insipliner Nicolaus sebenarnya tidak berat-berat amat bila menggunakan kacamata masyarakat umum. Nicolaus mengajukan izin cuti untuk keperluan menikah dan mendapatkan cuti hanya tiga hari.

Tetapi barangkali karena asyik berbulan madu, Nicolaus menjalani cuti lebih dari yang ditetapkan. Dengan pelanggaran itu, Wings Air langsung memberikan hukuman dengan surat pemecatan dan pinalti senilai Rp7 miliar.

Adanya surat tersebut membuat Nicolaus shock, depresi, hingga mengambil tindakan dengan gantung diri pada Senin (18/11/2019) kemarin .

“Iya betul, diduga bunuh diri,” kata Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana, Rabu (20/11/2019).

Awalnya korban ditemukan pertama kali oleh adiknya, Ciprianus alias Angga.

“Saksi Ciprianus, adik korban menghubungi nomor HP korban, namun tidak diangkat-angkat,” ujar Kapolsek.

Karena merasa curiga, Angga kemudian mencari korban ke kostnya. Saat didatangi ke kostnya, Angga tidak membuka pintu. Angga kemudian mendobrak jendela. Saat itulah Angga menemukan korban dalam kondisi sudah tidak bernyawa dengan posisi tergantung di pintu kamar.

Angga pun langsung menjerit dan meminta bantuan penghuni kost lain untuk menurunkan jasad kakaknya itu.

“Setelah dilakukan pengecekan terhadap jenazah oleh piket Reskrim dan identifikasi, ditemukan luka bekas jeratan tali tambang di leher akibat gantung diri,” tandas Kapolsek. (rian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed