oleh

Ma’ruf Amin Ingin Masyarakat Diimunisasi Anti-Radikalisme dan Anti-Terorisme

-Nasional-239 views

Jakarta, Radar Pagi – Pemerintah sedang berusaha melakukan imunisasi anti-radikalisme dan anti-terorisme kepada masyarakat. Hal itu dilakukan melalui pendidikan sejak PAUD hingga perguruan tinggi.

Demikian dikatakan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).

Imunisasi yang dimaksud, kata Ma’ruf, adalah proses untuk membuat seseorang imun atau kebal terhadap penetrasi suatu ideologi yang menggunakan kekerasan seperti terorisme ataupun radikalisme.

Dia mengatakan imunisasi anti radikalisme-terorisme juga bisa dilakukan oleh ormas keagamaan dan media massa. Karena itu penangkalan terorisme membutuhkan keikutsertaan dari semua pihak.

“Karena penanggulangan terorisme itu harus menyeluruh. Dari hulu ke hilir dan menyangkut berbagai aspek,” katanya.

Bahkan penanggulangan terorisme nantinya tidak hanya berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam. Tetapi juga melibatkan Kemenko PMK dan Kemenko Perekonomian.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pun tetap menjadi garda terdepan dalam mengurusi masalah terrorisme. Nantinya semua sektor itu berada di bawah komando Wapres.

Ma’ruf menjelaskan, Kemenko PMK dan Kemenko Perekonomian dilibatkan karena masalah terorisme di tanah air juga terkait kondisi sosial ekonomi para pelakunya.

“Di samping bagaimana kita melemahkan argumen-argumen, pandangan-pandangan teroris radikalis itu, juga harus dilakukan pembinaan dan pengelolaan, tak hanya dari segi pemahaman tapi juga ekonomi. Jadi menyangkut masalah ekonomi,” katanya. (safrizal)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed