oleh

Ini Empat Kesepakatan DPR-Kementerian dalam Rapat Pemindahan Ibu Kota

-Nasional-140 views

Jakarta, Radar Pagi – Komisi V DPR RI dan kementerian menggelar rapat bersama terkait rencana pemindahan ibukota dari DKI Jakarta ke Kalimantan.  Rapat tersebut menghasilkan empat kesimpulan yang telah disepakati bersama.

Pertama, Komisi V memahami penjelasan Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas tentang pembiayaan dan kesiapan infrastruktur rencana pemindahan ibu kota negara.

“Selanjutnya Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR, Kemenhub, dan Kementerian PPN/Bappenas untuk melanjutkan kajian tentang tahapan-tahapan rencana pengembangan infrastruktur di ibu kota baru,” ujar Ketua Komisi V DPR Lasarus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11).

Kedua, Komisi V meminta kepada tiga kementerian tersebut agar dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur dan transportasi ibu kota negara dilakukan setelah diterapkannya undang-undang tentang ibu kota negara yang baru. Selanjutnya, pemindahan ibu kota juga diharapkan untuk tetap memperhatikan kearifan lokal dan daerah.

“Keempat, Komisi V mengagendakan rapat dengan Kementerian PUPR, Kemenhub, Bappenas dalam rangka pembahasan lebih lanjut terhadap rencana pemindahan ibu kota negara,’ ujar Lasarus.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta agar pembangunan ibu kota harus menunggu undang-undang tentang ibu kota negara selesai. Menurutnya, untuk merealisasikan hal tersebut harus memperhatikan prosedur dan substansi.

“Pertama, perosedurnya dulu diselesaikan, jangankan perlu Undang-Undang Ibu Kota Negara, undang-undang tentang pemekaran daerah saja perlu dalam pemindahan ibu kota ini,” ujar Suryadi.

Dalam rapat tersebut, turut hadir Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal Cipta Karya Danis Sumadilaga, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Santoso yang mewakili Menteri Perhubungan. (rep/red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed