oleh

Enak Sekali, Tahun Depan PNS Tak Harus ke Kantor, Bisa Kerja di Rumah

-Nasional-181 views

Jakarta, Radar Pagi – Pemerintah berencana membuat skema PNS bisa bekerja di mana saja, termasuk di rumah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sedang mematangkan rencana tersebut.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo sejauh ini menilai skema tersebut memungkinkan diimplementasikan. Alasannya berkaitan dengan kecepatan bekerja daripada harus ke kantor. Namun dia menggariskan bahwa harus ada target kerja yang ditetapkan di instansi masing-masing sehingga produktivitas tetap terjamin.

“Tentunya ada target kerja. Ada SOP-nya (standar operasional prosedural),” ujar Tjahjo kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin.

Kemenpan-RB melalui Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja sebenarnya sudah sejak Agustus lalu melempar wacana PNS kerja di luar kantor. Hal ini dianggap sebagai dampak tak terelakkan dari era revolusi industri yang semakin efisien, akurat, dan cepat.

Hal itu merespon langkah Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang akan mengujicoba fleksibilitas kerja aparatur sipil negara (ASN)/PNS tanpa perlu bekerja di kantor per 1 Januari 2020.

Uji coba bakal melibatkan 1.000 PNS di lingkungan Bappenas.

PNS Memangnya Rajin Kerja?

Pengamat dari Pusat Kajian Politik Ekonomi Indonesia (PKPEI) Barata menyambut baik rencana pemerintah membiarkan PNS bekerja di mana saja, termasuk di rumah, karena itu bisa menunjang efektivitas pemerintahan dan pemanfaatan teknologi informasi yang sudah sangat canggih.

Namun dia mempertanyakan juga nilai negatifnya, mengingat kinerja PNS selama ini diragukan masyarakat.

“Kerja di kantor yang jelas-jelas ada atasannya saja mereka sering terkesan bermalas-malasan, apalagi di rumah? Padahal di kantor kan juga ada targetnya?” tutur Barata.

Barata menyarankan agar kebijakan itu diberlakukan kepada para PNS senior di atas usia 50 tahun saja. Setidaknya kebijakan itu, kata Barata, bisa mempermudah PNS usia senior dalam bekerja.

“Mereka kan tenaganya sudah berkurang karena faktor usia, belum lagi yang sudah didera penyakit. Kebijakan bisa kerja di rumah jelas sangat menolong bagi mereka. Kalaupun mereka tidak mampu memenuhi target kerja, ya tutup mata sajalah, mengingat usia dan kondisi fisik mereka,” katanya.

Namun untuk PNS usia muda, apalagi yang baru diangkat sebagai PNS, Barata menyarankan tetap masuk kantor seperti biasa.

“Supaya budaya malasnya tidak menjadi-jadi. Selain itu untuk PNS yang bersinggungan langsung dengan pelayanan terhadap masyarakat wajib bekerja di kantor, kan nggak mungkin melayani masyarakat dari rumah. Masa warga harus mencari-cari alamat mereka?” ujarnya. (rian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed