oleh

Rusia Bikin Rudal Canggih Tak Tertandingi di Dunia

-Tekno-106 views

Moskow, Radar Pagi – Presiden Vladimir Vladimorvich Putin mengakui Rusia sedang mengembangkan rudal tercanggih dan tak tertandingi di dunia yang diberi nama Buravestnik atau misil Sky Fall.

Pengakuan itu dilontarkan pasca ledakan yang menewaskan lima ilmuwan perusahaan nuklir Rusia, Rosatom, di kawasan Laut Putih 8 Agustus silam. Ledakan itu juga melukai tiga imuwan lainnya.

Lima ilmuwan Rusia yang tewas dalam insiden tersebut adalah Vyasheslav Yanovsky (71), Vyacheslav Lipshev (40), Evgeny Korotaev (50), Alexey Vyushin (43), dan Sergey Pichugin (45). Tiga penguji senjata yang terluka dan tidak disebutkan namanya dilaporkan sudah pulih.

Ledakan yang terjadi saat ujicoba nuklir itu menyebabkan lonjakan radiasi singkat di kota terdekat Severodvinsk. Namun selama beberapa bulan, pihak Rusia bungkam tentang apa yang terjadi dan mengapa para ilmuwan melakukan percobaan seperti itu.

Namun, para ahli keamanan Barat berspekulasi bahwa para ilmuwan atom itu telah melakukan percobaan untuk rudal jelajah Rusia bertenaga nuklir baru.

Selama upacara yang digelar Kamis pekan ini, di mana Putin menyerahkan penghargaan “Orders of Courage” kepada para janda ilmuwan atom yang meninggal, Putin akhirnya mengaku Rusia memang sedang bekerja dalam pengembangan sistem senjata baru.

“Mereka mengerjakan tugas yang sangat sulit, penting dan kritis,” kata Putin kepada para janda tentang tugas suami mereka semasa hidup, dikutip dari express.co.uk, Sabtu (23/11/2019).

“Kami berbicara tentang ide dan solusi teknis paling canggih dan mutakhir, tiada tandingannya di mana pun di dunia,” sambungnya.

Putin menambahkan bahwa kepemilikan teknologi semacam itu oleh Rusia adalah jaminan keamanan di Rusia untuk beberapa dekade mendatang.

“Dan, apa pun yang terjadi, kita pasti akan terus meningkatkan persenjataan ini,” katanya.

Misil ciptaan Rusia yang sedang dikembangkan ini diberi nama Sky Fall yang artinya ‘langit runtuh’ karena misil tersebut,  memang diprediksi bisa mengguncang bumi dan langit saking hebatnya. Entah apa yang akan terjadi kalau Rusia berhasil mengembangkan senjata itu. (yogie)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed