oleh

Warga Jayapura Tidak Takut Lagi Makan Ikan

-NUSANTARA-798 views

Jayapura, Radar Pagi – Warga Jayapura dan sekitarnya sempat khawatir tidak mau makan ikan setelah beredar pesan berantai bahwa ikan di Jayapura tercemar merkuri tumpah di Perairan Madang, Papua Nugini (PNG).

Namun kini warga kembali berangsur mengkonsumsi ikan setelah menyakini pesan tersebut hoax belaka.

Keyakinan warga didasarkan pada kesegaran ikan yang dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan pasar-pasar tradisional, juga tidak ditemukan adanya ikan yang mati dalam jumlah besar di perairan Jayapura.

Kabid Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Iman Djuniawal mengaku memang belum ada laporan tentang hasil penelitian dari Balai Uji Standar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan terkait apakah ikan di Jayapura mengandung merkuri atau tidak

“Hasil penelitian tidak dapat cepat keluar mengingat yang diteliti adalah logam berat,” kata Iman.

Dijelaskannya, walaupun belum ada hasil penelitian namun karena selama ini tidak terdapat tanda-tanda alam seperti kematian ikan dalam jumlah banyak di Perairan Jayapura maka bisa dibilang belum tercemar merkuri.

“Mudah-mudahan Perairan Jayapura dan sekitarnya belum tercemar merkuri sehingga warga aman mengonsumsi ikan,” kata Iman Djuniawal. (Yandrilla)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed