oleh

Dita dan Lafitri Juara 10 Ball Open Intan Jaya Cartenz 2019 Kategori Putri

-Olahraga-168 views

Yogyakarta, Radar Pagi – Kompetisi Billiard 10 Ball Open Intan Jaya Cartenz IV 2019 digelar di Bliss Pool & Lounge, Demanggan Baru, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta, pada 21- 26 November 2019. Memperebutkan total hadiah 200 juta rupiah, pertandingan ini merupakan ajang persiapan para atlet billiard sebelum dilaksanakannya PON 2020 di Papua.

Acara dibuka oleh Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Intan Jaya,
Isaac Wiran, yang mewakili Bupati Intan Jaya sekaligus Ketua POBSI Papua, Natalis Tabuni, SS, M.Si.

Kota Pelajar dipilih sebagai tempat pertandingan, karena atlet biliar Papua selama setahun melakukan training center di Yogyakarta. Selain itu, Kabupaten Intan Jaya memiliki lima atlet yang berasal dari Yogyakarta.

Panitia kegiatan, Lafitri Panca, mengatakan tahun ini untuk pertama kali juga dilombakan kategori putri  Sebelumnya hanya melombakan untuk kategori pria. Tak heran jumlah pesertta membludak, terdiri dari 54 putri dan 128 putra.

“Para pebiliar menyambut antusias turnamen ini. Jumlah yang mendaftar mencapai 182 pebilar,” paparnya.

Sementara Issac menjelaskan, event ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata alam yang dimiliki Kabupaten Intan Jaya, yakni Puncak Cartenz.

Isaac juga melihat ajang ini sebagai persiapan yang bagus bagi atlet-atletnya. “Atlet-atlet Papua kini tengah menjalani Training Center (TC) di Yogyakarta sejak Agustus 2019 lalu dan menjadi turnamen ini menjadi ajang pemanasan dan menakar kesiapan bagi mereka sebelum turun di PON Papua 2020 mendatang,” ujarnya.

Pelaksanaan turnamen putra dan putri berbeda, terutama babak penyisihan dan final. Untuk penyisihan dengan sistem double elimination dan finalnya dengan sistem single elimination.

Double elimination kategori pria berlangsung 21-24 November 2019 dan untuk single elimination 25-26 November 2019. Untuk putri doble elimination 22-23 November 2019 dan single elimination pada 24 November 2019.

Untuk putri dari 54 pebiliar, disaring 32 pebiliar yang masuk babak utama single elimination. Untuk putra dari 128 pebiliar, disaring menjadi 64 pebiliar di babak single elimination.

Masing-masing kategori akan diambil juara 1-4 dengan total hadiah Rp200 juta. Juara kategori putra mendapat hadiah Rp50 juta beserta trofi. Sementara runner up meraih Rp20juta beserta trofi. Dari kategori putri, juara mendapat hadiah Rp30 juta beserta trofi, dan untuk runner up meraih Rp15 juta beserta trofi.

Saat ini, pertandingan kategori putri sudah berakhir. Hasilnya, Dita (DKI Jakarta) meraih Juara 1, Lafitri (DI Yogyakarta) menyabet Juara II. Semifinalis masing-masing Desi (DKI Jakarta) dan Debby (Sumbar) mendapatkan hadiah Rp6 juta. (Om Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed