oleh

3 Bom Guncang Baghdad, 6 Tewas 15 Luka

Baghdad, Radar Pagi – Ledakan bom terjadi di berbagai wilayah di Ibukota Baghdad. Enam orang dilaporkan tewas dalam kejadian itu. Sekitar 15 demonstran terluka dan dibawa ke rumah sakit Baghdad. Beberapa kendaraan dan bangunan hancur.

Dilansir Aljazeera, Rabu (27/11/2019), ledakan itu terjadi saat dua sepeda motor yang membawa bahan peledak di Distrik Bayaa dan Distrik Shaab. Dan sebuah bom di pinggir jalan meledak di Distrik Baladiyat. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab atas ledakan itu.

Para pendemo menuntut perubahan rezim, dan menyebabkan lebih dari 350 orang tewas dan sekitar 15.000 lainnya terluka sejak demo besar-besaran melanda Irak bulan Oktober lalu.

Di kota suci Syiah Karbala pada hari Selasa, satu orang tewas ketika protes demo menjadi bentrokan dengan pasukan keamanan. Tidak ada rincian identitas korban atau penyebab kematian, tetapi petugas medis mengatakan jumlah korban kemungkinan akan bertambah.

Koresponden AFP melihat polisi anti huru hara menembakkan peluru ke atas dan kerumunan demonstran remaja dengan setidaknya satu demonstran menderita luka tembak di bagian kepala.

Di bawah jembatan, remaja terlihat melemparkan batu ke mobil polisi anti huru hara. Bentrokan juga terjadi di Baghdad, di mana pasukan keamanan menembakkan peluru karet dan gas air mata untuk menjauhkan para demonstran dari jembatan Al-Ahrar, yang mengarah ke gedung-gedung pemerintah Irak.

Sementara reporter Al Jazeera, Simona Foltyn, melaporkan sejak Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) dikalahkan, pemboman di ibukora Irak justru meningkat.

“Yang mengejutkan adalah adanya tiga ledakan sekaligus dalam satu waktu di tiga tempat berbeda, dan tidak diketahui siapa pelakunya,” ujat Simona. (yogie)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed