oleh

Wali Kota Batu Ingin Guru Honorer Bisa Dapat Gaji UMK

-Pendidikan-665 views

Batu, Radar Pagi – Upacara memperingati hari guru yang dihadiri oleh ribuan anggota PGRI Kota Batu di Stadion Brantas, Selasa (26/11/2019) kemarin berlangsung sederhana namun khidmad. Dalam upacara tersebut Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko hadir bersama Forkompimda serta bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam kesempatan wawancara, Wali Kota yang akrab disapa Bude itu mengatakan akan terus melakukan evaluasi terhadap kesejahteraan guru yang selama ini banyak dikeluhkan.

“Kalau guru PNS jelas sudah standard. Namun untuk guru honorer akan kami pikirkan karena kalau bisa seluruhnya bisa mendapatkan gaji sesuai UMK,” terang Bude.

Ia juga menerangkan pihaknya saat ini juga tidak menampik bahwa masih ada beberapa guru yang tidak mendapatkan gaji UMK karena memiliki jam mengajar yang singkat seperti guru TK atau guru honorer yang hanya memiliki 2 jam mengajar.

Sementara itu menurut salah satu guru yang tidak mau disebutkan namanya mengaku memang dirinya belum pernah mendapatkan gaji UMK. “Hanya dapat Rp. 500 ribu dari insentif dan Rp. 400 ribu dari sekolah, padahal saya sudah mengajar selama 3 tahun,” katanya.

Wanita yang biasa mengajar di salah satu SMP di Kecamatan Junrejo tersebut juga menjelaskan bahwa dirinya saat ini bisa memenuhi kebutuhan dengan melakukan kerja sampingan dengan jual beli online dan memberikan les terhadap anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.

“Kalau hasil jelas lebih besar dari kerja sampingan. Namun saya tetap mencintai profesi guru karena mencerdaskan anak bangsa merupakan panggilan dari hati,” tukasnya. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed