oleh

Kilang Pertamina Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja Lokal

-Ekonomi-162 views

Tuban, Radar Pagi – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, pembangunan kilang Tuban, Jawa Timur, yang baru memasuki tahap early work yaitu pembersihan lahan sekitar 328 hektare serta pemulihan lahan abrasi (restorasi) seluas 20 hektare sudah menyerap 271 tenaga kerja lokal Tuban.

Dia menegaskan, proses pembangunan kilang tersebut bakal menyerap tenaga kerja sebanyak 20.000 pekerja saat konstruksi dan 2.500 orang saat beroperasi.

“Proyek ini juga menciptakan multiplier effect lainnya, terutama di daerah sekitar lokasi di Tuban. Termasuk peningkatan pendapatan negara dan daerah baik dari pajak dan juga penguatan devisa negara karena mengurangi ketergantungan impor crude dan produk,” katanya saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi proyek Grassroot Refinery (GRR) Kilang Tuban, Sabtu (30/11/2019).

Kilang Tuban akan memberikan tambahan pasokan untuk kebutuhan BBM, LPG dan Petrokimia berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dengan kehadiran Kilang Tuban, kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dari kilang sendiri dan tidak perlu impor.

Nicke menambahkan, setelah mendapatkan penetapan lokasi, Pertamina bergerak cepat untuk menyelesaikan persiapan lahan termasuk menjalankan kesepakatan dengan pemerintah daerah dan masyarakat, di antaranya penyiapan tenaga kerja lokal.

“Pertamina pro aktif membangun kemampuan dan keahlian tenaga kerja lokal. Selain telah menyerap 271 pekerja lokal, saat ini Pertamina juga telah memberikan beasiswa kepada 21 orang lulusan terbaik SMA/SMK di wilayah sekitar untuk melanjutkan kuliah di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu,” ujar Nicke. (viktor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed