oleh

93 Desa di Pangandaran Dinyatakan Sadar Hukum

-Hukum-748 views

Pangandaran, Radar Pagi – Seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Pangandaran ditetapkan sebagai desa sadar hukum, setelah  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Rabu (4/12/2019).

Kepala Bagian Hukum, Sekretariat Daerah Pangandaran, Syarif Hidayat menilai, penghargaan diberikan berkat inovasi, jasa, dan komitmen kepala daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, khususnya di tingkat desa dan kelurahan melalui pembinaan.

Saat ini, seluruh desa yang ada di Kabupaten Pangandaran semuanya berjumlah 93 desa, sudah menerima penghargaan desa sadar hukum.

“Dari 93 desa yang ada di Kabupaten Pangandaran, alhamdulillah semua tahun ini sudah sadar hukum,” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (4/12).

Dia berharap dengan diraihnya penghargaan seluruh masyarakat dapat sadar secara hukum. Selain itu, masyarakat juga diminta ikut serta dalam peningkatan pembangunan

“Arahan Pak Menteri, dengan desa sadar hukum masyarakat mesti taat akan aturan, sadar pajak, serta mendukung upaya pembangunan,” kata dia.

Sementara itu Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, kesadaran hukum masyarakat sangat berpengaruh terhadap pembangunan dan kemajuan suatu bangsa.

“Semakin tinggi kesadaran hukum masyarakat di suatu negara, semakin maju dan berkembanglah bangsa dan negara itu,” katanya.

Di Provinsi Jawa Barat, ada 18 kabupaten /kota lain yang juga mendapat penghargaan. Kabupaten/kota yang itu adalah Kabupaten Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Cirebon.

Begitu juga Majalengka, Kuningan, Bandung, Sumedang, Garut, Ciamis, Pangandaran, Bandung Barat, Tasikmalaya, serta Kota Depok dan Kota Bandung. (heri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed