oleh

Hujan Es di Kota Malang Tanda Awal Musim Penghujan

-Anehsiana-197 views

Malang, Radar Pagi – Hujan deras mengguyur beberapa kawasan di Kota Malang pada Kamis (5/12/2019) sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan disertai angin kencang itu pun membuat masyarakat di Kota Pendidikan ini geger. Lantaran beberapa daerah juga mengalami hujan es.

Fenomena yang tak biasa bagi masyarakat itu pun ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa grup pesan singkat WhatsApp hingga twitter ramai memperbincangkan fenomena hujan es tersebut.

Sebuah video yang disebarkan di grup pesan singkat WhatsApp pun ramai. Video berdurasi singkat itu disebut diambil saat hujan terjadi di kawasan Candi Panggung, Dinoyo, Kota Malang. Dalam video terlihat butiran es berukuran kecil berjatuhan.

Selain itu, di twitter juga ramai foto dan video yang menunjukkan adanya butiran-butiran es saat hujan melanda kota ini. Salah satunya disampaikan akun bernama Ilham Gama. Dalam cuitannya itu, pengelola akun menyampaikan jika hujan es terjadi di kawasan Soekarno Hatta.

“Mohon izin melaporkan ndan, hujan es terjadi di wilayah suhat, sekian infonya ndan.. Ditunggu info lanjutan dari rekan rekan laij @infomalang,” cuit @ilhamgama dengan disertai foto butiran es.

Selain itu, sebuah video berdurasi singkat juga dibagikan akun @DewanKasta. Dalam cuitannya itu pemilik akun menyebut jika video itu ia ambil di kawasan Dinoyo Kota Malang.

Menanggapi itu, Analis Bencana BPBD Kota Malang, Mahfuzi menjelaskan  hujan es yang terjadi tersebut merupakan fenomena biasa. Hujan es terjadi lantaran kandungan uap air sebelum jatuh ke bumi berada di ketinggian yang meyebabkan suhunya hampir nol derajat. Sehingga memunculkam kristal es yang kemudian dikenal sebagai hujan es.

“Tapi kalau suhu di atmosphere minusnya banyak, bisa jadi kristalnya akan besar-besar,” katanya, Kamis (5/12/2019).

Fenomena hujan es di Kota Malang itu menurutnya belum pernah terjadi selama beberapa kurun waktu terkahir. Namun hal serupa sempat dilaporkan terjadi di kawasan Mondoroko, Kabupaten Malang sekitar tiga minggu lalu. Di mana terdapat fenomena hujan kristal es yang juga sempat menghebohkan masyarakat.

Kondisi itu menurutnya bisa jadi sebagai salah satu pertanda akan masuknya musim hujan. Sehingga masyarakat diminta untuk lebih bersiap memasuki musim hujan. Dalam analisis BMKG, angin muson barat yang membawa uap air dari benua Asia sudah mulai menghampiri wilayah Jawa Timur, khususnya Malang.

“Maka yang terpenting lagi adalah meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar,” jelasnya. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed