oleh

Polresta Malang Masih Buru 1 dari 4 Tahanan Kabur

-Hukum-173 views

Malang, Radar Pagi – Satu per satu tahanan Polresta Malang Kota yang kabur kembali ditangkap. Dari empat buronan, tiga berhasil diringkus, hingga menyisakan Bayu Prasetyo yang saat ini masih dalam pengejaran.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Leo Simarmata, meminta Bayu segera menyerahkan diri. “Saya imbau segera serahkan diri, jadi Bayu tinggal satu satunya tahanan kabur yang masih kami buru,” ujar Leo, Minggu (15/12/2019).

Sebelumnya, Nur Cholis, salah satu tahanan yang kabur berhasil diringkus pada Kamis (12/12/2019) dini hari, pekan kemarin.

“Tersangka kami tangkap di sebuah rumah kosong. Dekat persawahan di kawasan Kedungkandang, masih di sekitar rumahnya,” katanya.

Tim khusus yang dibentuk untuk memburu Nur Cholis sempat dibuat kerepotan. Sebab, tersangka pandai bersembunyi dan selalu berpindah-pindah tempat.

“Ahirnya keberadaan dia diketahui warga sekitar, setelah dia mulai menepi ke area perkebunan,” terang Leo.

Nur Kholis sempat memberikan perlawanan dan berusaha melarikan diri saat hendak  diciduk. Medan yang gelap juga menyulitkan petugas, ahirnya Petugas memuntahkan timah panas tiga kali dan bersarang di kedua kakinya.

“Dikarenakan mau melarikan diri dan menyulitkan petugas, kami melakukan tindakan tegas dan terukur. Kami lumpuhkan dengan tiga tembakan di kaki,” ungkap Leo.

Tersangka rupanya sudah mempersenjatai diri dengan dua sikat gigi yang sudah di runcingkan, saat digeledah petugas.

“Alat ini tajam sekali jadi benda tajam ini diletakkan di paha sebelah kanan dan kiri, untuk melindungi diri,” ujarnya.

Empat tahanan Polresta Malang Kota, yakni Andrian Fairi alias Ian (43 ), Sokip Yulianto, Nurcholis (29) dan Bayu Prasetyo kabur pada Senin (9/12/2019) sekitar pukul 02.00 WIB. Keempatnya melarikan diri dengan menggergaji dan membengkokan teralis besi yang terpasang di atap ruang cuci.

Selanjutnya menggunakan kain tersambung yang difungsikan sebagai tali untuk memanjat ke atap. Para pelaku keluar ruangan tahanan dan melompati pagar menuju arah sekolahan di samping Markas Polresta Malang Kota.

Kendati keluar secara bersama-sama, keempatnya kabur dengan arah dan tujuan berbeda. (Med)

News Feed