oleh

Wali Kota Malang Berharap Mamin Terserap Melalui Katering dan UMKM

-Ekonomi-190 views

Malang, Radar Pagi – Wali Kota Malang Sutiaji berjanji tahun 2020  akan mengutamakan pelaku UMKM (usaha menengah kecil mikro). Pemerintah Kota Malang mengimbau agar masing-masing Kecamatan segera membuat katalog lokal untuk kebutuhan lelang mamin di setiap kegiatan yang digelar perangkat desa.

Sutiaji menyampaikan, melalui anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD 2020, diharapkan kebutuhan mamin dapat terserap maksimal melalui katering dan UMKM warga Kota Malang sendiri agar UMKM terus mengalami pertumbuhan pesat.

“Biaya mamin sudah ditetapkan dan itu cukup besar untuk kemudian dapat dimanfaatkan bagi kemaslahatan masyarakat,” kata Sutiaji di Gedung Kartini, beberapa saat lalu.

Iapun menyampaikan, pelaku usaha yang tertera di katalog lokal akan diutamakan dari masing masing Kelurahan yang kemudian diakomodasikan oleh Kecamatan.

Nantinya, setiap kegiatan akan menggunakan jasa UMKM secara bergilir. Sehingga ada pemerataan pemanfaatan jasa UMKM yang bisa dirasakan setiap pelaku usaha di masing-masing kecamatan. Setiap perangkat daerah juga dia tekankan untuk selalu memanfaatkan jasa pelaku UMKM.

“Katalog lokal secara langsung akan berdayakan masyarakat,” imbuh dia.

Sementara itu, berdasarkan KUA PPAS Tahun 2020, usulan total anggaran mamin di Kota Malang mencapai Rp 25,8 miliar. Angka itu merupakan akumulasi dari 26 perangkat daerah (PD).

Dari 26 PD tersebut, Dinas Pendidikan mengajukan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk pengadaan 24.100 set mamin. Selain itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) mengusulkan anggaran penyediaan mamin yang cukup besar, yaitu Rp 982,8 juta untuk pembelian 545.740 kotak makananan dan minuman. (Med)

News Feed