oleh

1 Tewas, Truk Tabrak 3 Mobil di Jalur Tengkorak Cisarua-Padalarang

-Hukum-192 views

Bandung Barat, Radar Pagi – Tabrakan beruntun terjadi di Jalan Cijamil, Kampung Cijamil, RT 03/15, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (18/12/2019).

Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 13.55 WIB itu melibatkan empat kendaraan masing-masing dua truk pengangkut barang serta boneka dan dua mobil pikap salah satunya mengangkut ayam.

Akibat kejadian tersebut, empat orang menjadi korban, satu di antaranya meninggal dunia dan tiga lainnya luka-luka. Arus lalu lintas di jalan tersebut tersendat karena empat mobil yang terlibat kecelakaan menutupi hampir semua badan jalan.

Kondisi jalan yang menurun dan berada tepat di perempatan jalan menuju kantor Pemda KBB, membuat proses evakuasi cukup terkendala. Apalagi salah satu truk yang meluncur dari arah Cisarua ke Padalarang menabrak pagar tembok rumah warga.

Keempat mobil yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian. Bahkan salah satu mobil pikap mengalami rusak parah dan kondisinya ringsek karena tertimpa mobil truk yang membawa barang boneka.

Petugas kepolisian dari Polres Cimahi yang datang melakukan evakuasi, dan mengatur arus lalu lintas agar kendaraan yang mengarah kantor Pemda KBB tidak terhambat.

Menurut keterangan saksi mata, truk bermuatan boneka dengan nomor polisi (nopol) B 9248 IE melaju dari arah Cisarua menuju Padalarang. Diduga karena mengalami rem blong, truk itu terus meluncur dengan kecepatan tinggi hingga akhirnya menabrak tiga mobil yang berada di depannya sekaligus.

Mobil pikap dengan nopol D 1094 ADX kondisinya hancur, sementara truck yang membawa ayam dan mobil Daihatsu Pick Up hitam mengalami kerusakan di bagian depan.

“Saya liat mobil itu meluncur kenceng dari atas (Cisarua). Sepertinya remnya blong karena langsung ngehantem mobil yang di depan,” kata saksi mata bernama Agus (49), dilansir sindonews.

Warga lainnya, Reza (32), juga melihat truk dari arah Cisarua menuju Padalarang melaju kencang. Awalnya dua mobil pick up yang ditabrak dan terseret beberapa meter, kemudian datang sebuah truk pengangkut ayam dari arah Padalarang yang ikut tertabrak.

“Ini kan jalannya turun, kemungkinan rem truk yang dari atas blong. Jadi aja nyeruduk kendaraan di depan dan juga dari arah berlawanan,” kata Reza.

Sementara sopir truk, Bahri (45) mengatakan, awalnya kondisi kendaraan baik-baik saja tidak ada masalah. Namun ketika di jalan menurun yang cukup curam dan panjang tiba-tiba rem truk tidak berfungsi.

Bahri sudah coba mengendalikan kemudi agar truknya tidak masuk parit atau menabrak rumah warga di sebelah kiri jalan. Namun karena sudah tidak bisa dihentikan, truk itu akhirnya menabrak mobil yang ada di depan.

“Tadinya normal (rem), pas sebelum perempatan ini atau sejak dari turunan yang panjang tiba-tiba remnya tidak berfungsi,” kata Bari.

Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Y Marzuki mengatakan, semua korban baik yang meninggal dunia  maupun luka-luka telah dibawa ke rumah sakit. “Satu korban meninggal dunia. Untuk identitas korban, mohon waktu untuk pendataan,” ujar Yoris. (awd/red)

 

News Feed