oleh

Carang Mas Della Muda Tembus Pasar Nasional

-Ekonomi-849 views

Kab. Malang Radar Pagi – Siapa sangka, niat awal Atik Muda (42) membantu para ibu di kampung Sobo Desa Madiredo , Malang, kini berbuah manis. Usaha makanan olahan Carang Mas yang dirintisa keluarganya bersama tetangga sekarang telah menembus pasar nasional.

“Awalnya, saya sedih melihat ibu-ibu nganggur duduk di rumah saat musim apel karena harga apel murah. Kalau apel murah, dari mana sumber pencarian mereka?” papar Atik Muda, beberapa saat lalu.

Atik kemudian tergugah untuk mengajak tetangga di sekitar rumah membentuk kelompok usaha kecil pengolahan apel untuk membuat camilan Carang Mas. Berbekal keterampilan membuat Carang Mas  yang ia dapat dari Disperindak Kabupaten Malang, Della kemudian melatih mereka.

Awal produksi, unit usaha kecil ini berhasil membuat 10 – 15 kg setiap hari. Tak hanya Carang Mas, kelompok usaha kecil Della Muda juga memproduksi rempeyek, kerupuk bawang  dan juga Carang Mas wortel.

Omzet penjualan usaha mikro mereka pun melonjak tajam sejak produk hasil olahannya mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) sesuai SNI  sekitar empat tahun yang Lalu. Kalau sebelumnya hanya 100 kg, sekarang mencapai 150 kg sampai 200 kg perhari, bahkan 400 kg sampai 500 kg/hari.

Ibu dua anak itu mengaku kalau pencapaian tersebut adalah hasil jerih payah kelompoknya yang sudah mengurus proses sertifikasi SNI sejak tahun 2015.

“Ada sekitar 30 persyaratan yang harus dipenuhi agar memperoleh sertifikasi  SNI di antaranya adalah perbaikan fisik tempat dan alat produksi, serta standar kebersihan,” tutur Della.

Pakar Koperasi Milenial dan Ekonomi Kerakyatan yang sekarang menjabat Direktur BumDes, Candra Aris mengatakan meroketnya omzet makanan olahan apel  dengan merk dagang ‘Carang Mas Della Muda’ itu akhirnya membawa imbas terciptanya lapangan kerja. Walau masih berstatus usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), tapi sudah memperkerjakan 17 karyawan dan 3 tenaga penjual keliling.

“Kini distribusi produk Carang Mas olahan Bu Della Muda tak hanya ada di Malang, tapi juga merambah  Kalimantan, Aceh, Bali, Surabaya Tulung Agung. Bahkan, beberapa konsumen dari Malaysia dan Brunei Darussalam seringkali datang untuk memesan Carang Mas,” katanya. (med)

 

News Feed