oleh

K3MI Sukoharjo Gelar Aksioma Sambut HAB Kemenag

-NUSANTARA-155 views

Sukoharjo, Radar Pagi – Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kabupaten Sukoharjo mengelar Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (Aksioma) untuk menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74 yang digelar selama dua hari mulai Selasa (17/12/2019) di MIN 2 Sukoharjo Kampus 2.

Kegiatan Aksioma digelar dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah, yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Hal itu disampaikan Widodo selaku ketua panitia.

Menurut Widodo, kegiatan yang diikuti seluruh MI se kabupaten Sukoharjo ini bertemakan membangun landasan bagi berkembangnya potensi siswa yang profesional, kreatif, dan sportif.

“Aksioma merupakan kegiatan tahunan yang digelar K3MI. Pada tahun ini cabang seni dan olahraga yang dilombakan yaitu MTQ, tahfidz, pildacil, bulutangkis, lari dan lari 80 meter. Total peserta yang berpartisipasi 628 siswa,” katanya

Lebih lanjut Widodo menjelaskan  salah satu tujuan digelarnya berbagai lomba tersebut yakni mengembangkan potensi dan kreativitas siswa dan memberi kesempatan dan penghargaan bagi siswa berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya untuk beraktualisasi.

“Kita menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang seni dan olahraga sehingga menumbuhkan rasa mencintai bidang tersebut bagi siswa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Sukoharjo, Ihsan Muhadi,  dalam sambutannya menjelaskan bahwa HAB merupakan hari kelahiran Kementerian Agama yang dibentuk sesaat setelah kemerdekaan RI.

“Dulu namanya Departemen Agama dan setiap tanggal 3 Januari diperingati hari lahirnya.Berbagai kegiatan akan digelar untuk memperingatinya dan pada tahun ini akan dilaksanakan donor darah, berbagai lomba, dan jalan sehat bersama yang diikuti seluruh jajaran di lingkungan kantor Kemenag Sukoharjo,” teragnya.

Semua peserta, pesan Ihsan, harus menjaga sportifitas dalam bertanding karena esensi lomba adalah memupuk bakat, melatih anak-anak yang sportif, jujur dan berkharakter kuat. Peserta harus tunduk pada seluruh keputusan dewan juri dan hakim dengan sportif.

“Saya mengapresiasi seluruh teman-teman K3MI yang telah mewujudkan anak-anak yang tidak hanya pandai tetapi juga memiliki bakat seni yang bagus. Selamat kepada semuanya semoga mendapat prestasi yang terbaik,” katanya dengan dilanjutkan membuka kegiatan lomba . (prynt)

News Feed