oleh

Bakwan Sayur Rp70 Ribu/Porsi Laris Dibeli Warga Amerika

-Anehsiana-264 views

New York, Radar Pagi – Video singkat soal kuliner Indonesia laris diserbu pembeli jadi viral di Instagram. Dalam video  itu, ratusan pengunjung memadati booth Warung Jancook yang beroperasi di Pasar Malam Internasional Queen, New York, Amerika Serikat.

Mereka sedang mengantre untuk membeli bakwan sayur khas Indonesia atau biasa disebut ote-ote. Harganya Rp70 ribu per porsi, mahal untuk kantong Indonesia, namun termasuk murah untuk ukuran orang Amerika, karena hanya setara 5 dollar.

Selain memakai bahan-bahan berkualitas, teknik pengolahan dan penyajiannya telah disesuaikan dengan lidah orang bule. Karena itu, bakwan sayur ini tidak memakai sambal kacang, melainkan saos dan mayonaise.

Bukan cuma bule dan hispanik (latin) yang menyukasi rasa bakwan. Li Fan, WN Amerika asal China juga sangat menyukai cita rasanya. “Karena saya vegetarian dan ini salah satu pilihannya. Rasanya enak sekali,” tutur Li Fan.

Hendra Lie dan Marshella selaku pemilik Warung Jancook, ide awal membuat bakwan sayur ini karena mereka ingin menyajikan dan mengenalkan street food asli Indonesia kepada warga New York.

“Kita konsepnya street food gitu. Terus saya pikir di sini kita dikasi cap (batasan harga) USD 5 atau sekira Rp70 ribu. Nah, saya ingin membuat Indonesian street food harganya USD 5, yang mungkin bisa diterima oleh masyarakat di sekitar sini,” tutur Hendra Lie.

Sejak beroperasi pada akhir November lalu, Warung Jancook selalu dipadati oleh ratusan pengunjung yang ingin mencicipi bakwan goreng diberi sayur dan topping ala Amerikan itu.

Bukan hanya bakwan sayur, Jancook juga menghadirkan aneka makanan lainnya seperti sate lilit, tahu gejrot, tahu goreng, klepon hingga minuman kunyit asem. Nama ‘jancook’ diambil dari umpatan khas arek Suroboyo. (maria)

News Feed